Daftar ke KPU, Juana-Tini Rusdihatie siap bertarung di Pilkada Barsel

id Daftar ke KPU,Juana-Tini Rusdihatie siap bertarung di Pilkada Barsel, kalteng, pilkada, politik, barsel, Barito selatan

Daftar ke KPU, Juana-Tini Rusdihatie siap bertarung di Pilkada Barsel

Pasangan bacabup dan bacawabup Juana-Tini Rusdihatie berfoto bersama ketua dan anggota KPU Barito Selatan usai kegiatan penyerahan berkas pencalonan di Buntok, Rabu (28/8/2024). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Juana-Tini Rusdihatie mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Selatan, Kalimantan Tengah untuk menjadi peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di wilayah setempat.

"Pada hari ini saya bersama Tini Rusdihatie datang ke KPU Barsel untuk mendaftar sebagai peserta pilkada," kata Juana saat jumpa pers usai menyerahkan berkas pencalonan di Buntok, Rabu.

Dikatakannya, hal yang mendasari dirinya maju dalam perhelatan pesta demokrasi lima tahunan tersebut karena ingin mewujudkan agar Barito Selatan menjadi kabupaten yang gemilang.

"Artinya menjadi kabupaten yang gemah ripah, kesejahteraan masyarakat lebih meningkat, serta kualitas pendidikan masyarakatnya bisa lebih meningkat serta jenjangnya bisa lebih tinggi lagi," ucap Juana.

Demikian halnya lanjut dia, dari sisi religius masyarakat akan lebih ditingkatkan lagi, sebab kemajuan suatu daerah yang tidak diiringi dengan ketakwaan hasilnya akan tidak bagus.

Juana juga menargetkan perolehan suara pada perhelatan pesta demokrasi lima tahunan ini sebanyak 90 persen.

"Seiring dengan kepercayaan masyarakat, saya menargetkan perolehan 90 persen suara pada pelaksanaan pilkada Barito Selatan nantinya," ucap Juana yang merupakan mantan seorang guru itu.

Untuk mencapai target tersebut, dirinya bersama dengan tim pemenangan dari partai politik melakukan sejumlah persiapan dalam upaya menarik simpati dan dukungan pemilih yang ada di daerah ini dengan cara legal dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca juga: Eddy Raya-Khristianto mendaftar ke KPU Barsel sebagai peserta Pilkada 2024

Juana juga berharap, pelaksanaan pilkada di Barito Selatan ini bersih dari praktik "money politic" atau politik uang. Apabila terjadi praktik politik uang terjadi maka akan menghadirkan pemimpin yang tidak berkualitas.

"Mari kita bersama-sama mengawal dan mengawasi pilkada di Barito Selatan ini agar terhindar dari praktik money politic, supaya siapapun yang nantinya terpilih merupakan putra putri terbaik yang memiliki kualitas dan bukan menjadi pemimpin dengan cara membeli suara," tegasnya.

Sementara Ketua KPU Barito Selatan, Roslina mengatakan, untuk hari kedua masa pendaftaran ini, ada dua pasangan bakal calon yang sudah mendaftar sebagai peserta pilkada di daerah ini.

Dikatakannya, dua pasangan bacabup dan bacawabup tersebut yakni Eddy Raya Samsuri-Khristianto Yudha dan Juana-Tini Rusdihatie. Untuk berkas pencalonan yang disampaikan dua pasangan bakal calon tersebut dinyatakan lengkap.

"Untuk berkas persyaratan calon ada beberapa yang harus dilengkapi dan perbaikannya akan disampaikan pada tahap selanjutnya," tuturnya.

Selain dua pasangan bakal calon tersebut, pada Kamis 29 Agustus 2024 besok, ada satu pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati yang akan mendaftar ke KPU Barito Selatan yakni Pe'i dan Ina Prayawati.

Kedatangan pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Juana-Tini Rusdihatie tersebut disambut ketua KPU Barito Selatan, Roslina beserta anggota KPU setempat sekitar pukul 15.00 WIB.

Kedatangan pasangan bacabup dan bacawabup yang diusung partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)  serta beberapa partai politik pendukung itu diantar oleh ratusan pengurus serta kader partai dan simpatisannya dengan iring-iringan tarian khas daerah.

Baca juga: DPRD Barito Selatan apresiasi semarak pawai pembangunan

Baca juga: Ketua KPU Barsel akui tiga paslon ada rencana mendaftar Pilkada 2024

Baca juga: Pendaftaran Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Barito Selatan