Pasangan bakal calon Pilkada Kalteng ikuti pemeriksaan kesehatan

id Pasangan bakal calon Pilkada Kalteng ikuti pemeriksaan kesehatan, kalteng, Palangka raya, pilkada, politik

Pasangan bakal calon Pilkada Kalteng ikuti pemeriksaan kesehatan

Pasangan bakal calon peserta Pilkada Kalteng ikuti pemeriksaan kesehatan di RSUD Dr Doris Sylvanus Palangka Raya, Kamis (29/8/2024). ANTARA/HO-KPU Provinsi Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Pilkada Serentak 2024 Abdul Razak-Sri Suwanto mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan di RSUD Dr Doris Sylvanus Palangka Raya.

"Pasangan Abdul Razak dan Sri Suwanto menjadi yang pertama melaksanakan pemeriksaan kesehatan usai kemarin menjadi pendaftar pertama di KPU Kalteng," kata Komisioner KPU Provinsi Kalteng, Dwi Swasono di Palangka Raya, Kamis.

Dia menerangkan, secara umum proses pemeriksaan pasangan bakal calon ini tidak ada kendala, baik dari sisi peralatan maupun proses pemeriksaan kesehatan.

"Totalnya ada 55 petugas yang melaksanakan pemeriksaan kesehatan. 44 petugas dari RSUD Dr Doris Sylvanus dan 11 lainnya dari BNN Provinsi Kalteng yang khusus memeriksa terkait tes narkotika," kata Dwi.

Ia mengatakan, banyak tahapan pemeriksaan mulai pagi hingga malam hari mulai dari USG abdomen, foto thorax, mata, THT, gigi, psikotes hingga MRI.

"Pemeriksaan kesehatan dilakukan jadi dari ujung rambut sampai ujung kaki. Termasuk juga tes kejiwaan," katanya.

Baca juga: Pemprov Kalteng perkuat pengawasan perizinan berusaha berbasis risiko

Dia menambahkan, selain pasangan Abdul Razak-Sri Suwanto, pasangan bakal calon lain mendaftar sebagai peserta Pilkada Kalteng pada Kamis (29/8) juga akan melaksanakan pemeriksaan pada Jumat (30/8).

"Kami harapkan besok seluruh pasangan bakal calon sudah menyelesaikan pemeriksaan kesehatan. Ini karena waktu kita pendek. Hasilnya nanti kami rencanakan dilaksanakan pada Selasa atau tiga September," kata Dwi.

Abdul Razak sebelum mengikuti pemeriksaan kesehatan mengatakan, dia bersama pasangannya Sri Suwanto mengaku bersyukur dapat mengikuti tahapan tersebut.

"Kita tunggu saja nanti hasilnya seperti apa. Namun kita sama-sama berharap semua baik-baik saja dan sesuai dengan ketentuan. Semua proses kita lalui dengan lancar," katanya.

Abdul Razak-Sri Suwanto mendaftar di KPU Provinsi Kalteng pada Rabu (28/8). Kemudian dilanjutkan pasangan Agustiar Sabran-Edy Pratowo pada Kamis (29/8) pagi, pasangan Nadalsyah-Supian Hadi pada Kamis (29/8) sore dan pasangan Willy M Yoseph-Ismail Bin Yahya direncanakan mendaftar pada Kamis (29/8) malam.

Baca juga: Willy M Yoseph-Habib Ismail maju di Pilgub Kalteng

Baca juga: Agustiar Sabran-Edy Pratowo resmi daftar ke KPU, siap lanjutkan pembangunan

Baca juga: Willy M Yoseph-Habib Ismail maju di Pilgub Kalteng