Polda Kalteng ajak masyarakat perangi hoaks di masa Pilkada 2024

id Polda Kalteng ,Pilkada Serentak 2024,waspada berita Hoaks,Medsos,Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji,Palangka Raya,Erlan Munaji

Polda Kalteng ajak masyarakat  perangi hoaks di masa Pilkada 2024

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji. ANTARA/Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Polda Kalteng) mengajak masyarakat di provinsi setempat untuk dapat membantu memerangi kabar bohong atau hoaks di masa tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 yang sedang berlangsung saat ini.

Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji di Palangka Raya, Senin, mengatakan bahwa ajakan tersebut merupakan bentuk dukungan untuk suksesnya rangkaian Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, wali kota dan wakil wali kota serta dan bupati dan wakil bupati agar berjalan lancar dan damai.

Baca juga: Polda Kalteng pastikan kamtibmas selama Pilkada 2024

"Karena, pada situasi seperti sekarang ini banyak oknum memanfaatkan situasi untuk mempengaruhi keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Erlan Munaji.

Ia menuturkan, dengan kondisi sekarang ini tentunya masyarakat diminta lebih cerdas dalam memilih informasi yang beredar baik di media sosial maupun berita-berita yang muncul di akun facebook, instagram, tiktok serta media sosial lainnya.

Baca juga: Kapolda: Jadilah Polwan yang bermanfaat bagi masyarakat Kalteng

Karena jangan sampai isu-isu yang beredar di media sosial dapat memecah belah kamtibmas yang selama ini benar-benar terjaga dengan baik. Jangan sampai hanya perbedaan pilihan dalam pilkada, masyarakat mudah diprovokasi oleh oknum-oknum yang memiliki kepentingan pribadi.

"Masyarakat saya menyarankan alangkah baiknya apabila berselancar di media sosial dan mendapatkan informasi di medsos, agar dapat mempedomani Saring sebelum Sharing. Apabila hal itu dilakukan, tentunya masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu murahan yang hendak memecah belah antar sesama," ungkapnya.

Baca juga: Polda Kalteng deteksi secara dini gangguan kamtibmas di Pilkada 2024

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu juga mengajak seluruh lapisan masyarakat, agar senantiasa menjaga kerukunan persatuan dan kesatuan di tengah kontestasi pilkada ini, serta tidak menyebarkan hoaks atau berita bohong dan Hate Speech yang menimbulkan konflik sosial.

"Mari kita bersama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas, demi terwujudnya suksesi Pilkada Serentak 2024 di Kalteng agar aman dan nyaman," demikian orang nomor satu di lingkup Humas Polda Kalteng tersebut.

Baca juga: Polda gelar OPM Telabang 2024 untuk amankan Pilkada serentak 2024 di Kalteng