Portugal tekuk Kroasia di laga perdana UEFA Nations League

id timnas portugal,kalahkan ,kroasia,uefa,nation league

Portugal tekuk Kroasia di laga perdana UEFA Nations League

Foto Arsip-Gelandang Portugal #08 Bruno Fernandes (kanan) merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan sepak bola Grup F UEFA Euro 2024 antara Turki dan Portugal di BVB Stadion di Dortmund pada Sabtu (22/6/2024). (ANTARA/AFP/Ina Fassbender)

Jakarta (ANTARA) - Fase grup UEFA Nations League telah dimulai, dengan sembilan pertandingan tersaji pada Jumat dini hari (06/9) WIB.


Timnas Portugal meraih kemenangan tipis 2-1 saat menjamu Kroasia dalam laga pertama Grup 1 Liga A.

Gol kemenangan tuan rumah didapat berkat gol Diogo Dalot dan Cristiano Ronaldo, sedangkan Kroasia hanya bisa memperkecil ketertinggalan melalui gol bunuh diri Diogo Dalot.

Portugal membuka skor pada menit ke-7. Gol bermula dari umpan terobosan Bruno Fernandes yang diterima Diogo Dalot di dalam kotak penalti. Dalot kemudian menuntaskan dengan sepakan mendatar ke pojok kiri bawah gawang. Portugal 1-0 Kroasia.

Ronaldo mencetak gol kedua untuk Portugal pada menit ke-34. Umpan silang ciamik Nuno Mendes disambar CR7 di depan gawang untuk membawa Portugal unggul 2-0.

Kroasia menipiskan ketertinggalan pada menit ke-41. Sepakan Borna Sosa mengenai Dalot hingga membelokkan bola ke dalam gawang sendiri. Kedudukan menjadi 2-1.

Skor tidak berubah lagi hingga laga usai. Portugal pun merebut tiga poin pertamanya di UEFA Nations League dan menempati posisi dua Grup 1.

Polandia memimpin usai menang 3-2 atas Skotlandia. Portugal sementara di urutan ketiga, tepat di atas Skotlandia.

Sementara itu, sang juara bertahan Spanyol mengawali Nations League dengan kurang meyakinkan saat bertandang ke Serbia. Tim Matador hanya bermain imbang 0-0 di Rajko Mitic Stadium, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB.

Spanyol tidak diperkuat kapten Alvaro Morata dan Rodri, tetapi tetap menurunkan trio Lamine Yamal, Nico Williams, dan Dani Olmo.

Meski mendominasi penguasaan bola sejak kick-off, Spanyol kesulitan membongkar pertahanan Serbia.

Tim asuhan Luis de la Fuente tersebut total melepaskan 21 percobaan, tetapi hanya lima yang on target.

Sedangkan Serbia cuma mencatatkan satu percobaan ke arah gawang dari sembilan. Skor 0-0 bertahan hingga laga usai dan Spanyol harus puas dengan satu poin.

Mereka tertahan di posisi ketiga klasemen Grup 4 Liga A, karena mengantungi tiga kartu kuning dan Serbia di posisi kedua karena cuma punya dua kartu kuning dari laga ini.

Posisi puncak ditempat Denmark yang mengalahkan Swiss 2-0 di Kopenhagen lewat gol-gol Patrick Dorgu dan Pierre-Emile Hobjberg pada menit ke-82 dan ke-92.




Berikut hasil pertandingan UEFA Nations League:

Jumat, 6 September 2024

Azerbaijan 1-3 Swedia
Belarus 0-0 Bulgaria
San Marino 1-0 Liechtenstein
Irlandia Utara 2-0 Luksemburg
Estonia 0-1 Slowakia
Serbia 0-0 Spanyol
Skotlandia 0-1 Polandia
Denmark 2-0 Swiss
Portugal 2-1 Kroasia