Kapuas juara umum Jambore PSKS Kalteng

id Kapuas juara umum Jambore PSKSKalteng, kalteng, Kapuas, psks, sosial

Kapuas juara umum Jambore PSKS Kalteng

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Yanmarto, menyerahkan tropi juara umum Jambore PSKS tingkat Kalteng yang diraih kepada Sekda Kapuas, Septedy, Minggu (15/9/2024). ANTARA/HO-Dinsos Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kabupaten Kapuas tidak hanya sukses sebagai tuan rumah, tetapi juga menjadi juara umum dalam ajang Jambore Pekerja Sosial dan Kesejahteraan Sosial (PSKS) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2024, yang dilaksanakan di kawasan GPU Manggatang Tarung, Kuala Kapuas.

“Kami berharap kemenangan ini bisa menjadi motivasi bagi seluruh pekerja sosial di Kabupaten Kapuas untuk memicu semangat dalam meningkatkan dedikasi dan pelayanan kepada masyarakat," kata Kepala Dinas Sosial Kapuas, Yanmarto di Kuala Kapuas, Minggu.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Kapuas Darliansjah telah menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta jambore PSKS yang berasal dari 13 kabupaten/kota se-Kalteng. 

"Melalui kegiatan ini kami berharap seluruh peserta jambore dapat saling berinteraksi, memanfaatkan kesempatan untuk menjalin persahabatan yang erat dan memperluas jaringan untuk meningkatkan potensi yang ada," kata Darliansjah.

Orang nomor satu di kabupaten setempat ini juga berharap melalui Jambore PSKS ini dapat memperkuat kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, sumber daya manusia (SDM) kesejahteraan sosial dan pihak terkait lainnya dalam mengatasi permasalahan sosial.

Baca juga: Pemkab Kapuas dukung program pembinaan Desa Cantik

Sementara itu, kegiatan yang dibuka langsung oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran itu diikuti perwakilan 14 kabupaten/kota di Provinsi Kalteng. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi dan kerjasama antar pekerja sosial serta memperkuat upaya kesejahteraan sosial di masyarakat.

Dalam ajang jambore PSKS ini, dilaksanakan berbagai lomba berupa lomba Kebersihan dan kerapian tenda, lomba yel-yel, lomba kekompakan PSKS dan lomba toto dan video tereksis. Alhasil dari hasil penilaian-penilaian pada lomba tersebut Kabupaten Kapuas meraih juara umum Jambore PSKS Kalteng Tahun 2024.

Selain itu, Jambore PSKS juga diisi dengan kegiatan bakti sosial berupa pembersihan rumah ibadah di sekitar lokasi serta kegiatan donor darah. 

Kontingen Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, telah mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti kegiatan ini dengan melibatkan anggota kontingen dari unsur Tagana, TKSK, DSM PKH, PSM dan Pelopor Perdamaian.

Baca juga: Gubernur Kalteng sebut Jambore PSKS perkuat peran pilar sosial

Baca juga: Bertemu para tokoh di Kapuas, Agustiar Sabran ajak jaga suasana kondusif selama pilkada

Baca juga: Komitmen wujudkan transparansi, Tumbang Mangkutup laksanakan Program CMS