DPRD Palangka Raya siapkan pembentukan AKD

id dprd palangka raya, akd palangkaraya, alat kelengkapan dewan, ketua sementara, khemal nasery

DPRD Palangka Raya siapkan pembentukan AKD

Ketua Sementara DPRD Palangka Raya Khemal Nasery. (ANTARA/Rajib Rizali)

Palangka Raya (ANTARA) -
Ketua Sementara DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah Khemal Nasery mengatakan saat ini pihaknya bergerak cepat menyiapkan pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD).
 
"Pembentukan alat kelengkapan dewan ini merupakan langkah penting dalam menjalankan fungsi dan tugas anggota dewan secara optimal," katanya di Palangka Raya, Sabtu.
 
Dirinya menjelaskan, terdapat lima elemen penting yang harus dibentuk, yakni Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Komisi, Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), dan Badan Kehormatan. 
 
Kelima elemen ini memiliki peran dan tugas yang saling terkait dan mendukung dalam menjalankan fungsi DPRD.
 
"Pembentukan AKD dilakukan secara bertahap. Kami akan mengadakan rapat internal bersama fraksi-fraksi yang telah dibentuk untuk membahas usulan terkait AKD," ucapnya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diminta pertahankan keterbukaan publik
 
Khemal melanjutkan, rapat internal ini menjadi forum membahas komposisi dan susunan anggota AKD, serta mekanisme pemilihan ketua dan wakil ketua masing-masing badan. 
 
Ia berharap proses pembentukan AKD berjalan lancar dan sesuai aturan yang berlaku, serta mampu menjalankan tugas dan fungsi secara optimal dalam mendukung pembangunan.
 
"Karena memang alat kelengkapan dewan ini sangat penting untuk segera dibentuk, agar ke depan anggota dewan ini bisa benar-benar menjalankan tugas sesuai tata tertib DPRD yang telah disusun bersama," ujarnya.
 
Politisi Partai Golkar ini menyampaikan, pihaknya segera membentuk alat kelengkapan dewan setelah sebelumnya meresmikan delapan fraksi. 
 
Ia menegaskan pembentukan alat kelengkapan dewan merupakan langkah penting dalam menjalankan fungsi dan tugas DPRD secara optimal.
 
"Setelah terbentuknya delapan fraksi, kita akan segera membentuk AKD. Ini merupakan langkah strategis untuk memastikan kelancaran proses legislasi dan pengawasan," demikian Khemal.

Baca juga: Cegah kenakalan, organisasi kemahasiswaan dan ekstrakurikuler harus lebih digiatkan

Baca juga: Legislator Palangka Raya minta Porprov jadi barometer peningkatan kualitas olahraga

Baca juga: DPRD tekankan pentingnya pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus