DPRD tekankan pentingnya pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus

id dprd palangka raya, hap baperdu, anak berkebutuhan khusus, pendidikan inklusif, palangkaraya

DPRD tekankan pentingnya pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Hap Baperdu. (ANTARA/Rajib Rizali)

Palangka Raya (ANTARA) -
Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Hap Baperdu menekankan pentingnya pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus.

Hap Baperdu di Palangka Raya, Kamis, mengatakan, karena memang setiap warga negara Indonesia mempunyai hak yang sama di bidang pendidikan.

"Oleh sebab itu ketika ada anak-anak berkebutuhan khusus, tentunya ada langkah-langkah yang konkret yang dilakukan pemerintah terkait pendidikan mereka," katanya.
 
Dirinya mengaku siap mendukung program pemerintah kota dalam upaya melakukan pemerataan pendidikan kepada seluruh masyarakat.
 
Dia menjelaskan, pendidikan inklusif merupakan tren global yang sudah seharusnya diadopsi pemerintah kota dalam memberikan akses pendidikan setara bagi semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus.
 
"Untuk itu kami sangat mendukung dan mengapresiasi langkah-langkah yang diambil pemerintah. Ini merupakan upaya pemerintah dalam memberikan kesejahteraan kepada seluruh anak," ucapnya.

Baca juga: Siap berjuang dan ditempatkan di komisi manapun, kata Legislator Palangka Raya
 
Untuk itu Hap berharap Palangka Raya menjadi daerah yang mampu mengimplementasikan pendidikan inklusif secara optimal, sehingga semua anak tanpa terkecuali dapat menikmati hak pendidikan yang sama.
 
"Melalui pendidikan inklusif, anak-anak berkebutuhan khusus dapat berkembang sesuai potensi yang dimiliki dan mendapatkan kesempatan yang sama untuk sukses di masa depan," ujarnya.
 
Hap juga berharap bagi anak-anak berkebutuhan khusus yang ada di Palangka Raya terus mendapat perhatian yang lebih baik dalam sektor pendidikan, sehingga mampu tumbuh dan berkembang sesuai dengan kemampuan dan bakat masing-masing.
 
Dirinya meyakini, jika pemerintah kota memberikan kesempatan dan ruang untuk anak berkebutuhan khusus dalam mendapatkan pendidikan yang sama, maka mereka dapat menunjukkan kemampuan serta bakat yang dimiliki.
 
"Jadi jangan pernah meremehkan anak-anak berkebutuhan khusus. Saya yakin kalau program pendidikan inklusif ini berjalan dengan baik, ini akan menjadi cikal bakal pemerataan pendidikan di Palangka Raya," demikian Hap.

Baca juga: Pemko Palangka Raya diminta berkelanjutan atasi permasalahan gas elpiji bersubsidi

Baca juga: Ketua dan anggota DPRD Barut ikuti orientasi di Palangka Raya

Baca juga: Wali Kota Palangka Raya: Orientasi anggota DPRD perkuat kinerja legislatif