Bank Kalteng dan BNI jalin kerja sama wujudkan layanan inovatif bagi pemda

id bank kalteng, bni, bank negara indonesia, bank kalteng-bni kerjasama, kkpd, kartu kredit pemerintah daerag, co branding tapcash, kalteng, kalimantan t

Bank Kalteng dan BNI jalin kerja sama wujudkan layanan inovatif bagi pemda

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) penerbitan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) dan Co-Branding Tapcash, antara Bank Kalteng dan BNI, Banjarmasin. (ANTARA/HO-Bank Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
PT Bank Kalteng dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) resmi menjalin kerja sama dalam rangka mewujudkan pelayanan inovatif bagi pemerintah daerah.
 
Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) penerbitan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) dan Co-Branding Tapcash. 
 
"Penerbitan Kartu Kredit Pemerintah Daerah bertujuan untuk menyediakan alat pembayaran non tunai bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan belanja daerah," kata Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank Kalteng Maslipansyah dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Minggu.
 
Langkah ini merupakan bagian dari upaya Bank Kalteng dalam pemenuhan kebutuhan pemerintah daerah, tentunya dengan tetap mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 
Penandatanganan kerja sama ini berlangsung di Gedung Serba Guna BNI Kanwil 09, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Acara ini dihadiri turut dihadiri Komisaris Independen Bank Kalteng Fitriyadi, serta RCEO BNI Wilayah 09 Andy Yusdiman.
 
Inisiatif ini diharap dapat mendukung optimalisasi manajemen keuangan pemerintah daerah melalui layanan perbankan yang modern dan efisien.
 
Lebih lanjut Maslipansyah menjelaskan, penerbitan Co-Branding Tapcash, merupakan produk kartu elektronik berbasis uang elektronik yang diharapkan memudahkan transaksi sehari-hari seluruh nasabah Bank Kalteng, sekaligus mendorong masyarakat menuju ekosistem transaksi non tunai.

Baca juga: Selalu Berkah Award apresiasi Bank Kalteng terhadap tumbuh & kembang UMKM
 
Maslipansyah menyatakan kolaborasi bersama BNI merupakan langkah strategis dalam meningkatkan pelayanan kepada pemerintah daerah.
 
“Melalui kerja sama ini, kami berkomitmen menyediakan solusi keuangan yang inovatif, aman, dan efisien bagi pemerintah daerah di Kalimantan Tengah,” tuturnya.
 
Sementara itu, Andy Yusdiman menegaskan BNI siap memberikan dukungan penuh dalam implementasi produk dan layanan yang dihadirkan melalui kerja sama ini.
 
“BNI memiliki pengalaman dan teknologi yang mendukung penerapan produk-produk keuangan digital bagi pemerintah daerah. Kami berharap kolaborasi ini memberi manfaat signifikan bagi pengelolaan keuangan daerah,” tambahnya.
 
Adapun penerbitan Kartu Kredit Pemerintah Daerah ini selaras dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah. Hal ini bertujuan untuk mendorong transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan anggaran pemerintah daerah.

Baca juga: Bank Kalteng-USAID SEGAR kolaborasi kembangkan pendanaan hijau

Baca juga: Bank Kalteng raih Penghargaan Most Efficient BPD Sumatera-Kalimantan

Baca juga: Bank Kalteng raih Penghargaan 'The Excellent Performance Bank in 20 Consecutive Years 2003-2023'