KPU Kalteng serap usulan masyarakat terkait pertanyaan debat Pilkada

id Komisi Pemilihan Umum , Kalimantan Tengah, KPU Kalteng, KPU Kalimantan Tengah, Kalteng, Pilkada Kalteng, pilkada

KPU Kalteng serap usulan masyarakat terkait pertanyaan debat Pilkada

Anggota KPU Kalteng Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) Harmain Ibrohim. ANTARA/Rendhik Andika.

Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Tengah (KPU Kalteng) menyerap usulan dari masyarakat terkait pertanyaan yang akan disampaikan kepada peserta pada debat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Sekarang ini sedang dilakukan penjaringan terkait pengajuan usulan pertanyaan untuk debat pertama pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, kata Anggota KPU Kalteng Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) Harmain Ibrohim, di Palangka Raya, Senin.

"Debat pertama bagi pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Kalteng yang akan berlangsung pada tanggal 14 Oktober 2024. Tema yang diambil adalah "meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah melalui ekonomi berbasis dan berkelanjutan," ucapnya.

Dia menyebut usulan pertanyaan dari masyarakat harus relevan dengan tema debat serta disampaikan dalam bentuk narasi. Di mana disampaikan paling lambat sampai 11 Oktober 2024 melalui email tekmas.62@gmail.com dan melalui aplikasi WhatsApp di nomor 0811528606 atas nama Toni Sadoso Saputra.

Setiap masyarakat yang ingin berpartisipasi diminta melampirkan identitas diri berupa KTP elektronik atau tanda pengenal resmi lainnya. Harmain juga memastikan bahwa identitas pengirim pertanyaan akan dirahasiakan.

"Setiap pertanyaan yang masuk akan melalui proses seleksi dan digunakan sebagai bahan tambahan dalam penyusunan materi debat oleh tim penyusun," katanya.

Baca juga: Masyarakat Kalteng diminta waspada terhadap provokasi selama masa pilkada

Lebih lanjut, KPU Kalteng mengajak partisipasi aktif masyarakat dengan memberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang relevan dengan tema debat. Usulan pertanyaan ini nantinya akan menjadi bahan pertimbangan bagi tim perumus debat.

Sementara itu, Pilkada di Provinsi Kalteng 2024 diikuti oleh empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Adapun paslon nomor urut 1 adalah Willy M Yoseph-Habib Ismail, nomor urut 2 Nadalsyah-Supian Hadi, nomor urut 3 Agustiar Sabran-Edy Pratowo, dan nomor urut 4 Abdul Razak-Sri Suwanto.

Baca juga: Gubernur Kalteng ajak masyarakat bersama-sama ciptakan Pilkada damai

Baca juga: KPU Kalteng sosialisasi Pilkada melalui nobar "Tepatilah Janji"

Baca juga: Polda Kalteng kerahkan 998 personel amankan kampanye Pilkada 2024