DPMD dorong desa membuat program kreatif dan berkelanjutan

id dpmd kapuas, budi kurniawan, pembangunan desa, kreatif dan inovatif, kuala kapuas

DPMD dorong desa membuat program kreatif dan berkelanjutan

Kepala DPMD Kapuas Budi Kurniawan. (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mendorong agar desa dapat terus berinovasi dalam menjalankan berbagai kegiatan untuk kemajuan.
 
“Inovasi desa sangat penting untuk mendorong perkembangan dan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan yang semakin kompleks di era saat ini,” kata Kepala DPMD Kapuas Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Selasa.
 
Budi Kurniawan menekankan, desa perlu memanfaatkan potensi lokal dan sumber daya yang ada secara maksimal untuk menciptakan program-program kreatif dan berkelanjutan.
 
Dengan adanya inovasi yang tepat, desa dapat menciptakan solusi yang tidak hanya berdampak positif pada pembangunan infrastruktur, tetapi juga meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan warga desa.
 
Untuk itu, ia juga mengajak perangkat desa lebih aktif dalam mencari ide-ide baru yang relevan dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Baca juga: DPMD Kapuas apresiasi bantuan perahu nelayan Tumbang Mangkutup

Inovasi tidak harus selalu berupa teknologi canggih, tetapi juga bisa berbentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, pengelolaan lingkungan yang lebih baik, serta pelayanan publik lebih efisien dan transparan.
 
Lebih lanjut, Budi Kurniawan menyampaikan DPMD siap memberikan dukungan penuh dalam bentuk pelatihan, pendampingan, serta bantuan teknis untuk mewujudkan ide-ide inovatif dari setiap desa.
 
“Kami berharap, dengan adanya dukungan ini, desa-desa di Kapuas mampu berkembang secara mandiri dan menjadi contoh bagi daerah lainnya dalam hal pembangunan desa yang berkelanjutan,” tuturnya.
 
Melalui dorongan inovasi ini, Budi optimis desa di kabupaten setempat, dapat meningkatkan daya saing, menciptakan lapangan kerja baru, dan mengurangi angka kemiskinan di wilayah perdesaan.

Dia meyakini semangat inovasi dari desa tersebut menjadi kunci utama dalam menciptakan perubahan positif bagi masyarakat di Kapuas.

Baca juga: Pemdes Wargo Mulyo optimalkan Program Dashat cegah stunting

Baca juga: Dealdo-Ismeth programkan pemberian insentif untuk guru ngaji di Kapuas

Baca juga: Habib-Tommy ingin 'lompatan besar' dalam pembangunan di Kapuas