Pj Bupati Bartim minta OPD pacu realisasi belanja dan pendapatan berimbang

id pemkab bartim, pj bupati indra gunawan, realisasi pad bartim rendah, apbd bartim 2024, tamiang layang, barito timur

Pj Bupati Bartim minta OPD pacu realisasi belanja dan pendapatan berimbang

Pj Bupati Bartim Indra Gunawan memimpin rapat evaluasi pelaksanaan APBD 2024 di Aula Rapat Bupati Bartim di Tamiang Layang, Selasa (8/10/2024). (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah Indra Gunawan menegaskan pentingnya peningkatan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam memaksimalkan realisasi anggaran belanja dan pendapatan daerah.

“Saat ini realisasi belanja masih rendah, baru mencapai 52,9 persen dari total anggaran sebesar Rp1,3 triliun untuk 2024,” ungkap Indra usai memimpin rapat evaluasi pelaksanaan APBD 2024 di Tamiang Layang, Selasa.

Indra menyoroti ketidakseimbangan antara realisasi belanja dan pendapatan daerah. Dia menyampaikan, seyogyanya antara realisasi belanja dan realisasi pendapatan bisa berimbang.

"Bagaimana bisa belanja tercapai jika pendapatan belum optimal," tegasnya.

Indra menjelaskan, transfer dari pusat ke daerah hingga saat ini sudah mencapai 76 persen dari pagu, namun Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ditargetkan Rp90 miliar lebih, baru terealisasi 47 persen.

Untuk itu, Indra meminta seluruh kepala OPD bisa fokus dalam upaya meningkatkan realisasi belanja, mengingat waktu yang tersisa sekitar 90 hari kerja.

“Diperlukan upaya ekstra agar 43 persen dari anggaran yang tersisa dari realisasi belanja bisa direalisasikan," ujarnya.

Baca juga: Pj Bupati Bartim minta ASN jaga netralitas, termasuk di medsos

Namun, Indra juga mengingatkan pelaksanaan proyek fisik mungkin sulit tercapai karena kondisi cuaca memasuki musim hujan.

"Meski bekerja keras mengejar target, kehati-hatian dan kepatuhan terhadap administrasi normatif tetap harus dijaga," kata Indra.

Dengan sisa waktu terbatas, Indra Gunawan berharap seluruh OPD dapat mempercepat realisasi anggaran tanpa mengabaikan tata kelola yang baik, guna mencapai keseimbangan antara belanja dan pendapatan daerah.

Rapat evaluasi pelaksanaan APBD 2024 dilaksanakan dipimpin Pj Bupati Bartim Indra Gunawan dengan dihadiri hampir seluruh kepala OPD, dan perwakilan dari kepala OPD yang menjadi mentor Diklat Pim III, Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP).

Baca juga: Pj Bupati Bartim lantik pejabat fungsional PPUPD dan auditor Inspektorat

Baca juga: Kemajuan proyek pembangunan infrastruktur di Bartim mencapai 60 persen lebih

Baca juga: Pemkab Bartim raih predikat B SAKIP Award 2024