Legislator Kalteng minta pemda lebih optimal perhatikan UMKM di pelosok-pelosok

id DPRD Kalimantan Tengah, Sengkon, DPRD Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah, UMKM, UMKM pelosok kalteng

Legislator Kalteng minta pemda lebih optimal perhatikan UMKM di pelosok-pelosok

Anggota DPRD Kalteng Sengkon. ANTARA/Dokumentasi pribadi.

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Sengkon mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, agar dapat memberikan perhatian dan dukungan terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah terpencil.

Perhatian dan dorongan kepada UMKM di pelosok merupakan langkah strategis yang dapat memperkuat perekonomian daerah, katanya di Palangka Raya, Jumat.

"Bagaimanapun keberadaan pelaku UMKM di wilayah terpencil, memiliki potensi besar untuk tumbuh dan bersaing di pasar yang lebih luas," tambahnya.

Anggota DPRD Kalteng ini juga menyoroti pentingnya sektor UMKM sebagai salah satu pilar penting dalam perekonomian, sebab sektor ini memerlukan perhatian dan dukungan yang serius agar dapat berkembang dengan optimal.

"Dengan memberikan perhatian dan dukungan yang baik, diharapkan UMKM di Kalimantan Tengah dapat menjadi tulang punggung dalam memajukan perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," ucapnya.

Sengkon pun menekankan perlunya kolaborasi antara pemerintah daerah, pelaku UMKM, dan berbagai pihak terkait lainnya untuk menciptakan ekosistem yang kondusif bagi pertumbuhan UMKM. Sebab, dirinya meyakini bahwa dengan adanya sinergi yang baik antara semua pihak diharapkan bisa mengoptimalkan potensi UMKM di pelosok Kalimantan Tengah.

"Kalau sinergitas nya saja kurang, bagaimana pelaku UMKM mau menyampaikan berbagai kendala yang tengah dihadapi saat ini? Jadi benahi terlebih dahulu komunikasinya baru bisa lebih berkembang," ujarnya.

Baca juga: Generasi muda Kalteng diminta lestarikan adat istiadat

Politisi partai Perindo ini berharap, dengan adanya perhatian dan dukungan yang serius dari pemerintah daerah, UMKM di pelosok Kalimantan Tengah dapat berkembang pesat dan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian daerah. Hal tersebut diyakini dapat membuat pelaku UMKM di Kalimantan Tengah menjadi sejahtera sehingga kedepan masyarakat miskin di daerah ini dapat berkurang.

"Tentunya lapangan kerja menjadi terbuka, kemudian juga daya beli masyarakat menjadi stabil sehingga tidak ada lagi masyarakat yang susah," demikian Sengkon.

Baca juga: Program orientasi penting tingkatkan integritas legislator emban tugas sebagai wakil rakyat

Baca juga: Pemerintah diminta optimal mewujudkan pemerataan pelayanan sosial di Kalteng

Baca juga: Legislator Kalteng ingatkan program pemda harus utamakan kepentingan masyarakat