Oppo kenalkan ColorOS 15 dengan tampilan baru dan fokus pada AI

id oppo,ColorOS 15

Oppo kenalkan ColorOS 15 dengan tampilan baru dan fokus pada AI

Tampilan desain baru yang dikenalkan OPPO lewat sistem operasi ColorOS 15. ANTARA/Oppo China/am.

Jakarta (ANTARA) -
Perusahaan teknologi Oppo mengumumkan kehadiran ColorOS 15, sistem operasi berbasis Android 15 yang membawa tampilan baru dan fokus pada peningkatan penggunaan kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence/AI).

Menurut siaran GSM Arena pada Kamis (17/10), pembaruan tampilan yang dihadirkan melalui sistem operasi itu mencakup ikon-ikon aplikasi, efek pencahayaan yang dinamis, pencahayaan alami, dan elemen bayangan di semua tampilan pengguna.

Mesin Aurora dan Tidal membawa peningkatan pada jalannya animasi secara paralel di aplikasi-aplikasi sehingga pengguna bisa mendapatkan animasi tanpa lag meski berpindah-pindah aplikasi secara cepat.

Sistem ini juga dilengkapi dengan efek gerak baru dengan animasi yang konsisten ditampilkan secara halus serta beberapa pengoptimalan sistem yang meningkatkan 18 persen respons aplikasi dan menjadikan pemasangan aplikasi 26 persen lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Baca juga: OPPO Reno12 Pro 5G jadi solusi lengkap bagi si aktif dan produktif

Dalam hal peningkatan AI, ColorOS 15 memungkinkan pengguna memanggil asisten AI bernama XiaoBu untuk melakukan percakapan alami.

Selain itu, ada opsi Circle to Search yang dapat digunakan di layar untuk melakukan pencarian secara cepat.

Oppo meningkatkan kemampuan pemrosesan gambar menggunakan AI pada sistem operasinya, memungkinkan pengguna dengan mudah menghapus bagian gambar atau bayangan serta mengurangi efek kabur pada potret. 

Fitur Live Photos kini juga mendukung teknologi stabilisasi gambar elektronik.

Baca juga: Oppo A3x yang tahan banting rilis di Indonesia, ini harganya

Tambahan lain pada fitur AI di ColorOS 15 mencakup aplikasi Notes yang bisa memformat dan meringkas catatan, fitur pemindaian dokumen baru dengan kemampuan peringkasan dan penerjemahan antar-bahasa, dan perekam suara yang dapat meringkas dan menyalin rekaman.

Jumlah dukungan bahasa pada ColorOS 15 belum diketahui, tetapi sampai saat ini Oppo AI baru disertai dukungan bahasa Inggris, China, dan Hindi.

ColorOS 15 akan tersedia secara pra-instal pada seri Oppo Find X8 dan perangkat OnePlus 13 di China.

Model lama termasuk seri Find X7, Find N3, Find N3 Flip, dan seri OnePlus Ace 3 akan mendapatkan pembaruan mulai November 2024.

Pembaruan terakhir akan berlangsung Maret 2025 dan salah satu ponsel yang mendapat pembaruan ColorOS 15 saat itu adalah Oppo Reno8 Pro+.

Baca juga: Oppo luncurkan Find N3 edisi Liga Champions

Baca juga: OPPO rilis ponsel berstandar militer di Indonesia

Baca juga: Oppo A60 hadir kamera 50 MP dengan Snapdragon 680