Pemuda Kotim antusias ikuti Ikrar Bersama Anak Bangsa

id Pemuda Kotim antusias ikuti Ikrar Bersama Anak Bangsa, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pemkab kotim, Shalahuddin

Pemuda Kotim antusias ikuti Ikrar Bersama Anak Bangsa

Penjabat Bupati Kotawaringin Timur Shalahuddin saat memberangkatkan kontingen Kotawaringin Timur yang akan mengikuti kegiatan rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Jumat (25/10/2024). ANTARA/HO-Pemkab Kotim

Sampit (ANTARA) - Puluhan pemuda Kabupaten Kotawaringin Timur antusias mengikuti Ikrar Bersama Anak Bangsa (Ikbab) dan peringatan Hari Sumpah Pemuda 
ke-96 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 
tahun 2024 yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya pada 26-28 Oktober 2024.

"Saya berpesan, tolong selalu jaga nama baik Kabupaten Kotawaringin Timur selama kegiatan berlangsung dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik," kata Penjabat Sementara Bupati Kotawaringin Timur, Shalahuddin saat pemberangkatan kontingen, Jumat.

Shalahuddin menyampaikan terima kasih kepada Kepala Badan Kesbangpol Kotawaringin Timur beserta jajarannya yang telah mempersiapkan pengiriman peserta, termasuk penyediaan fasilitasnya. 

Menurutnya, kegiatan ini penting karena sumpah pemuda adalah peristiwa bersejarah dan penuh kisah yang menjadi landasan anak-anak muda bangsa untuk bersatu dan bersama-sama memajukan negeri tercinta Indonesia.

Ikrar sumpah pemuda mengajak seluruh rakyat untuk mengaku bertumpah darah yang satu, berbangsa satu serta menjunjung bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Tahun ini peringatan sumpah pemuda mengangkat tema “Maju Bersama Indonesia Raya”. 

Baca juga: Karantina dan BKSDA Sampit gagalkan penyelundupan 54 burung ke luar pulau

Di balik tema tersebut ada tiga karakter dan kapasitas yang perlu dikapitalisasi setiap generasi muda untuk memenangi pertarungan masa depan sekaligus dalam mewujudkan mimpi Indonesia.

Pertama, diperlukan generasi muda yang memiliki kualitas integritas yang tinggi, kedua, kapasitas keahlian dan intelektual yang cukup mumpuni, ketiga karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional.  

Sudah sejak dulu negeri ini bertumpu dan berharap besar pada pemuda karena mereka yang akan menggantikan kepemimpinan serta yang akan dibebankan cita-cita dan tujuan mulia bangsa ini. 

"Oleh karena itulah generasi muda dituntut untuk selalu optimis, tidak mudah putus asa, serta gemar bergotong royong sekaligus berkontribusi untuk kemajuan negara ini, untuk menggapai Indonesia yang maju dibutuhkan pemuda yang merupakan harapan bangsa," ujar Shalahuddin.

Dia juga mengingatkan seluruh peserta agar    selalu menjaga kesehatan, kekompakan, dan mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan serta semangat yang tinggi.

"Saya juga minta kepada panitia dan pendamping agar menjaga dengan baik seluruh peserta sehingga pergi dan pulang dalam keadaan sehat wal’afiat," demikian Shalahuddin. 

Baca juga: Pjs Bupati Kotim ingatkan ASN jaga kesehatan jasmani dan rohani

Baca juga: Halikinnor dukung pemberdayaan pensiunan ASN

Baca juga: Disdik Kotim selektif terkait izin pinjam pakai rumah dinas guru