Gubernur Kalteng Cek Persiapan dan Lokasi HKSN

id kalimantan tengah, HKSN di palangka raya, HKSN,

Gubernur Kalteng Cek Persiapan dan Lokasi HKSN

Kepala Dinas PU Kalteng Leonard S Ampung memberikan penjelasan kepada Gubernur Kalteng Sugianto Sabran terkait pembenahan Sanaman Mantikei sebagai lokasi puncak Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional tahun 2016. (Foto Humas Pemprov Kalteng)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengecek berbagai persiapan dan lokasi pelaksanaan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional pada 20 Desember 2016 di Kota Palangka Raya.

Persiapan administrasi kegiatan HKSN yang menjadi bagian dari Pemerintah Provinsi telah 100 persen dan untuk fisiknya berkisar 80 persen, kata Sugianto saat mengecek lapangan Sanaman Mantikei Palangka Raya, Kamis.

"Sekarang ini sedang dibenahi Sanaman Mantikei yang menjadi pusat HKSN. Gedungnya perlu dicat dan jalan di sekitar diaspal. Bandara Tjilik Riwut sewaktu saya juga sudah siap menyambut semua pihak yang datang untuk mengikuti HKSN," tambahnya.

Orang nomor satu di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" ini mengaku telah bertemu dan menyampaikan perkembangan persiapan HKSN 2016 yang dilaksanakan Pemprov Kalteng kepada Kemeterian Sosial.

Dia mengatakan, puncak HKSN di Palangka Raya ini rencananya juga akan dihadiri sejumlah Menteri terkait termasuk gubernur se-Indonesia. Bahkan, apabila tidak ada halangan, Presiden Joko Widodo juga rencananya akan turut hadir.

"Insya Allah bapak Presiden bisa datang. Semua agenda kegiatannya juga sudah terjadwal. Maka dari itu kita harapkan tidak ada halangan," kata Sugianto.

Ketua Pelaksana HKSN 2016 Ketut Widhi Wirawan yang turut mendampingi Gubernur Kalteng menambahkan lokasi kegiatan Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) yang diselenggarakan Mensos juga telah siap 100 persen. Di mana LBKS tersebut nantinya akan dimulai dari Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Timur hingga Kota Palangka Raya.

Dia mengatakan, beberapa desa yang nantinya dikunjungi akan dilaksanakan kegiatannya ada bakti sosial, bantuan sembako, sunatan massal, dan berbagai kegiatan lainnya sesuai daftar acara dari Kemensos.

"Intinya, secara administrasi sudah siap sepenuhnya. Belum dilaksanakan itu dari penyelenggara Pusat. Ini yang sisanya 20 persen belum terlaksana. Wajar, karena 20 persen ini hanya pemasangan tenda dan kursi yang biasanya dipasang dekat hari H," kata Ketut.