Senin, 26 Juni 2017

Sip! Seruyan Usulkan Bedah Bagi 35 Kamar Lansia

id bedah kamar, seruyan, lansia, pemkab seruyan
Sip! Seruyan Usulkan Bedah Bagi 35 Kamar Lansia
Ilustrasi - Lansia (ANTARA FOTO/Jojon)
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Dinas Sosial Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, mengusulkan program bedah kamar bagi 35 warga lanjut usia yang ada di kabupaten tersebut kepada pemerintah pusat.

"Kita sudah mengusulkan sebanyak 35 warga lanjut usia untuk mendapatkan bantuan renovasi kamar ke pemerintah pusat," kata Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Anak dan Lanjut Usia Dinas Sosial Seruyan Husna Radiatun di Kuala Pembuang, Sabtu.

Ia menjelaskan, sejak 2015 Dinsos sebenarnya telah menyampaikan usulan program bedah kamar bagi ribuan warga yang tersebar dari sepuluh kecamatan di Seruyan kepada Kementerian Sosial (Kemensos).

Ribuan usulan bedah kamar lansia itu berasal dari usulan warga yang disampaikan dalam musyawarah rencana pembangunan tingkat desa.

"Namun karena terbatasnya anggaran Kemensos dan harus dibagi se-Indonesia sehingga tidak bisa direalisasikan seluruhnya," katanya.

Kemudian, hingga saat ini Seruyan telah menerima bantuan dana ratusan juta rupiah dari Kemensos untuk membedah puluhan unit kamar lansia yang sebagian besar berada di Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur.

"Selain dari pemerintah pusat, daerah juga ada menganggarkan bantuan bedah kamar lansia, seperti tahun ini Seruyan sudah menganggarkan untuk bedah kamar sebanyak dua unit di Desa Sungai Undang Seruyan Hilir dan Trans Unit IV Seruyan Hilir Timur," katanya.

Menurutnya, seperti tahun-tahun sebelumnya, bantuan yang diberikan biasanya tidak hanya berupa bedah kamar saja, tapi juga bisa disertai dengan bantun lain seperti kasur atau tempat tidur.

"Besar bantuan yang diberikan untuk bedah kamar itu senilai Rp15 juta," katanya.

Secara teknis, penerima bantuan adalah lansia dengan kriteria ekonomi keluarga di bawah standar dan lansia yang masih produktif, atau lansia yang bisa dikatakan seluruh aktivitasnya dibantu anggota keluarga.

"Jadi program bedah kamar ini ditujukan agar para lansia merasa nyaman dan betah di kamarnya. Karena semua orang pasti akan menjadi lansia, sekarang itu kami mengharapkan lansia tidak dipinggirkan dan harus terus mendapat perhatian," katanya.

Editor: Admin Kalteng

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga