RSUD Sukamara Akan Berubah jadi Kelas Tipe C

id RSUD Sukamara, Bupati Sukamara H Ahmad Dirman, RSUD Sukamara Akan Berubah jadi Kelas Tipe C

RSUD Sukamara Akan Berubah jadi Kelas Tipe C

Bupati Sukamara H Ahmad Dirman (tengah) saat berbincang dengan masyarakat di RSUD Sukamara. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) - Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, H Ahmad Dirman mengatakan  visitasi (kunjungan tim asesor) di RSUD Sukamara dalam rangka untuk peningkatan kelas Rumah Sakit Umum Daerah dari kelas D menuju kelas C.

"Untuk menaikan tingkatan dari kelas D ke kelas C akan dilakukan oleh tim visitasi dari dinas kesehatan provinsi Kalimantan Tengah. Mudah-mudahan RSUD Sukamara akan menjadi kelas C atau tipe C," kata Dirman usai menegikuti penerimaan tim visitasi di RSUD Sukamara, Senin.

Menurutnya, tahun 2017 ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sukamara bisa mempertahankan status terakreditasi, yang terbaru dimana RSUD tersebut mendapat sertifikat terakreditasi tingkat perdana, setelah melalui penilaian oleh tim penilai dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) berdasarkan kondisi sarana dan prasarana, sumber daya manusia, kelengkapan administrasi serta pelayanan yang dilakukan oleh RSUD Sukamara.

Pihaknya mengharapkan, dengan adanya peningkatan status tersebut bisa semakin meningkatkan mutu dan pelayanan yaitu kepuasan dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat kabupaten Sukamara dan daerah sekitarnya.  

Selain itu, usaha meningkatkan kepuasan pelayanan kesehatan ada dua objek yang terlibat yaitu pelanggan dan penyelenggara, objek pertama yaitu pelanggan, pasien dan keluarga pasien maupun masyarakat selaku pelanggan harus merasakan kepuasan dalam pelayanan RSUD Sukamara.

Dimana, objek kedua yaitu penyelenggara, pihak RSUD Sukamara sendiri yang harus merasakan kepuasan dalam memberikan kepada masyarakat. Tentu saja ukuran kepuasan ini tidak memakai ukuran pribadi karena bersifat relatif.

Dikatakannya, RSUD sebagai aparat pemerintah yang bekerja di bidang kesehatan, maka harus bisa memberikan pelayanan publik secara profesional dan berkualitas. untuk bisa memberikan pelayanan yang profesional dan berkualitas 

"Saya mengajak semua memulai dari hal yang sederhana, yaitu disiplin diri serta melakukan tugas sesuai tupoksi kita dan semua itu bisa berjalan. saya percaya, kita bisa memberikan pelayanan  yang lebih baik dari sebelumnya," pinta Dirman

Adanya peningkatan kelas nantinya dapat memotivasi bagi aparatur pemerintah yang bekerja dibidang kesehatan, agar melaksanakan tugas dan kewajiban dengan penuh tanggung jawab untuk membawa perubahan positif dalam memajukan RSUD Sukamara dan memegang teguh kepercayaan masyarakat dalam melaksanakan pelayanan kesehatan.