Pemkot Kembangkan Pembibitan Sapi Untuk Masyarakat

id Pemkot Kembangkan Pembibitan Sapi Untuk Masyarakat , Kepala Dispertanak Asmat Limbong

Pemkot Kembangkan Pembibitan Sapi Untuk Masyarakat

Kepala Dispertanak Asmat Limbong (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Kita sudah siapkan lahan seluas 30 hektare di Kelurahan Pager untuk pembibitan sapi...
Palangka Raya, 10/4 (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Perternakan sedang menjajaki kemungkinan mengembangkan pembibitan sapi yang akan dibagikan kepada masyarakat di daerah tersebut.

"Kita sudah siapkan lahan seluas 30 hektare di Kelurahan Pager untuk pembibitan sapi. Kawasan tersebut potensial dengan penyediaan pakan yang cukup dan layak bagi pengembangan ternak," kata Kepala Dispertanak Asmat Limbong, di Palangka Raya, Rabu.

Tujuannya bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Pembibitan ternak sapi ini akan menjadi salah satu alternatif bagi peningkatan ekonomi masyarakat jika berhasil dan berkembang sesuai harapan karena dapat memenuhi kebutuhan daging masyarakat.

Ia mengatakan, lokasi pembibitan sapi itu sendiri masih dalam tahap penyediaan lahan, sarana dan prasarananya. Apabila anggaran memungkinkan pertengahan atau akhir 2013 sudah dapat dilaksanakan.

"Semua program yang akan kami laksanakan bertujuan membantu peningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan diharapkan mereka bisa memanfaatkan sesuai dengan keinginan pemerintah," ucapnya.

Ia menjelaskan, ketika program pengembangan bibit sapi berhasil dan masyarakat yang akan meneruskannya tidak dipungut bayaran. Bibit hewan ternak itu akan dibagikan gratis kepada masyarakat.

Selain berencana membangun pusat pembibitan sapi, Dispertanak pemerintah Palangka Raya juga akan mengembangkan perikanan dengan memanfaatkan danau di daerah tersebut.

"Danau di daerah kita cukup pontensial bagi pembibitan ikan air tawar seperti Patin, Nila dan Papuyu yang merupakan ikan khas Kota Palangka Raya, Provinsi Kalteng," ujarnya.

Program pengembangan ikan air tawar ini masih memberikan binaan dan pantauan kepada masyarakat yang dipercayakan sebagai pengelola upaya pengembangan bibit ikan tersebut.

Sudah ada dua lokasi yang menjadi percontohan bagi pengembangan bibit ikan air tawar tersebut, yakni Danau di Bukit Sua dan Danau Hanjalutung.

"Dalam waktu dekat kami juga berencana memanfaatkan danau yang ada di Sabangau bagi pengembangan program pembibitan ikan sungai bagi masyarakat setempat," demikian Asmat.




(T.BK07/B/S019/S019)