Objek Wisata Bukit Tangkiling Dipadati Wisatawan Domestik

id bukit tangkiling, wisata palangka raya,

Ilustrasi - Objek wisata Bukit Tangkiling kota Palangka Raya. (pegipegi.com)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Objek wisata Bukit Tangkiling kota Palangka Raya dipadati wisatawan domestik yang ingin menikmati pemandangan alam berupa hutan dan sungai dari atas ketinggian bukit daerah tersebut.

Robert, salah seorang pengunjung dari Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu mengatakan sengaja menyempatkan diri berwisata ke lokasi tersebut selama libur Natal dan Tahun Baru 2016.

"Mumpung masih libur saya bersama keluarga menyempatkan diri ke sini untuk melepas stres akibat banyaknya pekerjaan di kantor," katanya.

Dia mengatakan, kesempatan berlibur bersama keluarga sangat langka pasalnya selain istrinya juga pegawai swasta kedua anaknya juga tengah menginjak pendidikan tingkat dasar dan menengah pertama.

"Mumpung ini dalam rangkaian libur Natal dan Tahun Baru sehingga kami sekeluarga memiliki kesempatan berlibur di lokasi wisata yang murah meriah. Tapi yang disayangkan di puncak tidak ada fasilitas kamar kecil, jadi kalau kebelet agak susah," katanya.

Pada lokasi wisata alam Bukit Tangkiling berjarak 34 kilometer dari pusat Kota Palangka Raya itu memiliki ketinggian sekitar 170 meter di atas permukaan laut sehingga warga dapat menikmati panorama alam dari ketinggian.

Selain dapat melihat keindahan dataran yang terhiasi berbagai jenis pohon, warga juga dapat menyaksikan indahnya jalur aliran sungai yang berkelok-kelok. Untuk mencapai puncak, wisatawan harus melakukan pendakian melewati pelataran anak tangga yang cukup curam.

"Sekitar 30 menit mendaki kami baru sampai ke puncak. Capek, kaki terasa lemas dan baju basah dengan keringat, tapi semua itu terbayar setelah kita sampai di atas karena sejauh mata memandang kita bisa lihat pemandangan yang menakjubkan," kata Warto pengunjung lainnya.

Warga transmigran itu mengatakan, suasana di taman wisata alam Bukit Tangkiling itu membuatnya teringat kampung halaman yang berada di daerah Jawa sehingga sedikit dapat mengobati rasa rindu kepada kampungnya.

Sementara, Feriansyah penjaga parkir menuturkan, peningkatan jumlah pengunjung mengalami peningkatan terjadi pada Sabtu (26/12) dan akan terus berlangsung hingga berakhirnya liburan awal tahun mendatang.

"Libur panjang ini membuat pengunjung membludag. Biasanya pengunjung paling banyak pada pagi dan siang sekitar pukul 02.00 siang karena mereka ingin menikmati sore hari di puncak bukit," katanya.

Biaya yang dikeluarkan untuk menikmati wisata alam ini terbilang cukup mudah yakni Rp10.000 untuk tiket masuk per orang dewasa, Rp5.000 untuk parkir motor dan Rp10.000 untuk parkir mobil.

Bagi anda yang lupa membawa bekal minuman atau camilan tidak usah khawatir karena di sekitar lokasi bahkan di kawasan puncak bukit terdapat warga yang menjajakan makanan dan minuman ringan.

Pewarta :
Editor : Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar