Di Kabupaten Ini Kartu Indonesia Sehat Bisa Dipakai Dapatkan Diskon

id Kotawaringin Timur, Sampit, BPJS Kesehatan Cabang Sampit, Atulyadi, Kartu Indonesia Sehat, Bisa Dipakai Dapatkan Diskon

Di Kabupaten Ini Kartu Indonesia Sehat Bisa Dipakai Dapatkan Diskon

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sampit, Atulyadi (kiri) saat penandatanganan kerjasama merchant benefit dengan salah satu mitra, Selasa (1/11/2016). Peserta JKN-KIS kini bisa mendapatkan diskon di sejumlah tempat. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

...Warga bisa mendapatkan diskon antara 10 hingga 40 persen....
Sampit (Antara Kalteng) - Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mendapat manfaat tambahan berupa diskon di sejumlah tempat di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

"Ini kerjasama saling menguntungkan dengan mitra kami. Peserta JKN-KIS bisa mendapat diskon di tempat hiburan atau fasilitas yang sudah menjadi mitra BPJS Kesehatan," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sampit, Atulyadi di Sampit, Selasa.

BPJS Kesehatan Cabang Sampit menandatangani kerjasama dengan empat perusahaan mitra mereka yaitu PT Sampit Putra Perdana, PT Bintang Wengga Metropolitan, PT Tandan Mas dan Inul Vista. Dengan kerjasama ini, peserta JKN-KIS aktif bisa mendapatkan diskon di empat layanan yang disediakan empat perusahaan tersebut.

Warga cukup menunjukkan kartu JKN-KIS yang iurannya dibayar tepat waktu, maka warga bisa mendapatkan diskon antara 10 hingga 40 persen. Layanan yang disediakan yaitu diskon tarif menginap di hotel, hiburan di Sampit Waterpark, karaoke hingga memasang iklan di koran lokal.

Layanan ini diberlakukan bagi peserta JKN-KIS dari daerah manapun yang datang ke Sampit. Kemudahan ini diharapkan bisa menarik minat masyarakat menjadi peserta JKN-KIS dan membayar iuran tepat waktu.

"Ini untuk mendorong kesadaran masyarakat untuk tertib membayar iuran. Jadi, selain mendapatkan layanan jaminan kesehatan maka juga mendapat nilai tambah. Tapi kalau kartunya tidak aktif karena ada tunggakan iuran maka tidak bisa dapat layanan ini," kata Atulyadi.

Atulyadi berharap kerjasama ini juga berdampak positif terhadap tingkat kunjungan ke tempat hiburan empat mitra tersebut. Kerjasama ini berlaku enam bulan dan akan dievaluasi dampaknya bagi kedua belah pihak.

Ahmad Sofyan, perwakilan PT Tandan Mas yang mengelola Grand Hotel Sampit, mengaku senang bisa terlibat dalam program ini. Selain untuk mendukung pemberian jaminan kesehatan kepada masyarakat, dia berharap kerjasama ini juga berdampak pada tingkat hunian hotel mereka.

"Kami tidak merasa rugi memberi diskon 30 sampai 40 persen karena ini juga sejalan dengan program kami. Kami berharap kerjasama ini membawa dampak positif semua pihak," katanya.

Dedi Hermawan, perwakilan PT Bintang Wengga Metropolitan, Dedi Hermawan mengaku senang bisa mendapat kesempatan bekerjasama. Program ini menguntungkan pihaknya dalam banyak hal.

"Kami sadar banyak manfaat yang akan didapat dari kerjasama ini. Karyawan bisa lebih semangat karena kesehatan terjamin. Kami juga diuntungkan karena jaringan BPJS Kesehatan luas. Harapannya pengunjung Sampit Waterpark juga meningkat," kata Dedi.

BPJS Kesehatan Cabang Sampit melayani lima kabupaten yakni Kotawaringin Timur, Seruyan, Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara. Saat ini sudah 62 persen penduduk di lima kabupaten ini menjadi peserta JKN-KIS.