Peringati Hari Guru, Palangka Raya Gelar Pemeriksaan IVA/Papsmear

id palangka raya, Peringati Hari Guru, Palangka Raya, Gusti Ayu Bintang, Pemeriksaan IVA, Papsmear, BPJS Kesehatan

Peringati Hari Guru, Palangka Raya Gelar Pemeriksaan IVA/Papsmear

Perwakilan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) Gusti Ayu Bintang, saat pada acara Pembukaan Gerakan Nasional Deteksi Dini IVA dan pemeriksaan payudara secara klinis (Sadanis) bagi guru yang dilaksanakan di Puskesmas Bukit Hindu, P

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kota Palangka Raya ditetapkan sebagai salah satu lokasi pemeriksaan IVA/Papsmear serentak di seluruh Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan yang pencananganmya dilakukan di 10 titik di berbagai wilayah Indonesia dikaitkan dengan peringatan hari guru nasional pada 25 November 2016.

Perwakilan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) Gusti Ayu Bintang di Palangka Raya, Kamis mengajak seluruh guru berperan menyebarluaskan informasi tentang pentingnya deteksi dini kanker leher rahim dan payudara.

"Saya juga mengajak seluruh masyarakat melakukan pemeriksaan di Puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya. Dengan deteksi dini, pasien kanker dapat diturunkan," katanya.

Pernyataan itu diungkapkan dia pada acara Pembukaan Gerakan Nasional Deteksi Dini IVA dan pemeriksaan payudara secara klinis (Sadanis) bagi guru yang dilaksanakan di Puskesmas Bukit Hindu, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah.

"Layanan pemeriksaan IVA/Papsmear ini dijamin oleh BPJS Kesehatan, sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya," kata Pps Kepala Cabang BPJS Kesehatan Palangka Raya, Nancy Agitha, yang mendampingi rombongan OASE KK saat mengunjungi salah satu titik pemeriksaan IVA/Papsmear.

Dia menambahkan, jika usai diperiksa peserta memerlukan penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Ke-10 lokasi pencananangan kegiatan di berbagai wilayah Indonesia dimaksud berada di Banda Aceh, Bandung, Klaten, Surabaya, Balikpapan, Palangka Raya, Bandar lampung, Palembang, Makassar dan Ambon.

Deteksi dini melalui IVA/Papsmear ini merupakan salah satu program promotif preventif bagi peserta JKN-KIS untuk menekan jumlah penderita kanker serviks.

Untuk wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya, telah disiapkan sembilan puskesmas yaitu Puskesmas Bukit Hindu, Puskesmas Menteng, Tangkiling, Pahandut, Kayon, Kereng Bangkirai, Jekan Raya, Panarung dan Puskesmas Kalampangan serta Laboratorium Klinik Prodia yang dikhususkan bagi pemeriksaan Papsmear.

Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan wujud apresiasi bagi para guru di Indonesia yang telah berjasa meningkatkan kualitas pendidikan bangsa.

BPJS Kesehatan siap memberikan layanan deteksi dini kanker serviks kepada seluruh guru perempuan dan istri guru dari sekolah negeri maupun swasta, yang telah menjadi peserta JKN-KIS.

Program pemeriksaan IVA/Papsmear tersebut juga sejalan dengan implementasi program promotif preventif yang senantiasa digalakkan BPJS Kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan penduduk Indonesia.

OASE KK sendiri merupakan perkumpulan para pendamping menteri dan unsur eksekutif lain yang dipimpin oleh Ibu Negara Iriana Jokowi dengan program mendukung tercapainya Nawacita Presiden Jokowi.