Harga Karet Di Pedalaman Barito Utara Turun

id Barito Utara, Barut, Muara Teweh, karet, Harga Karet Di Pedalaman Barito Utara Turun

Harga Karet Di Pedalaman Barito Utara Turun

Petani menyadap karet (FOTO ANTARA/Asep Fathulrahman)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Harga karet di pedalaman Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah pada akhir Pebruari 2017 turun menjadi Rp9.500 per kilogram dari sebelumnya Rp10.500 per kilogram di daerah itu.

"Turunnya harga karet ini sudah terjadi sejak tiga hari terakhir," kata Irwansyah petani karet di Kelurahan Jambu Kecamatan Teweh Baru, Senin.

Irwansyah mengatakan posisi harga karet yang mulai melemah cukup membuat petani kecewa, setelah sempat menikmati harga jual yang cukup tinggi dalam kurun tiga bulan lalu.

Kabupaten pedalaman Sungai Barito satu sentra kebun karet di Provinsi Kalimantan Selatan. Dominan petani bergerak di sektor perkebunan karet.

Posisi harga yang melemah merata terjadi pada sentra kebun karet di kabupaten ini. Produksi kebun karet rakyat dominan ditampung kalangan pedagang yang mendatangi kebun petani, atau lebih dikenal sebutan tengkulak.

"Ini juga bisa karena ulah tengkulak yang memang menguasai petani," katanya dan menambahkan para tengkulak mengaku patokan harga beli disesuaikan dengan posisi harga jualnya di kalangan pedagang di Banjarmasin, pusat pemerintahan Kalimantan Selatan.

"Masalahnya para petani daerah ini masih tergantung pada para tengkulak karena sampai sekarang belum ada pabrik karet, padahal hasil produksi karet petani cukup banyak," katanya.

Luas kebun karet rakyat di kabupaten juga dikenal kaya potensi sumber daya alam batu bara itu, tercatat 35.646 hektare dengan produksi karet kering mencapai 18.696 ton per tahun.

Kebun karet rakyat itu tersebar pada sembilan kecamatan di kabupaten tersebut.