Rabu, 18 Oktober 2017

Harga Kebutuhan Pokok di Seruyan Naik

id seruyan, kebutuhan pokok, Harga Kebutuhan Pokok di Seruyan Naik
Harga Kebutuhan Pokok di Seruyan Naik
Ilustrasi - Kebutuhan Pokok (Istimewa)
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di pasar-pasar tradisional di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah telah mengalami kenaikan dalam beberapa hari terakhir.

Dari pantauan di Pasar Sayur dan Ikan (SAIK) Kuala Pembuang, Rabu, sejumlah kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan seperti telur ayam, bawang putih dan bawang merah.

Salah seorang pedagang Mulyadi (52) mengatakan, telur ayam yang sebelumnya dijual dengan harga berkisar Rp40 ribu sampai Rp42 ribu per sap atau per 30 butir naik menjadi Rp45 ribu per sap.

Harga bawang putih dan bawang merah yang sebelumnya Rp35 ribu/Kg, naik menjadi Rp45 ribu/Kg, sedangkan bawang putih menjadi Rp47 ribu/Kg. Beberapa jenis kebutuhan lainnya cenderung stabil.

"Kenaikan garga kebutuhan pokok ini dipicu karena minimnya pasokan. Bahan kebutuhan pokok masyarakat didatangkan dari luar daerah oleh distributor. Jika pasokannya tidak seperti biasa sehingga stok barang di tingkat pedagang menipis, sementara permintaan masyarakat tinggi terutama saat Ramadhan seperti sekarang, maka harganya naik, " katanya.

Sementara seorang pembeli Yuni (25) mengatakan, harga berbagai komoditas di pasar tradisional Kuala Pembuang sangat fluktuatif, karena secara umum pasokan berbagai komoditas masih bergantung dari Pulau Jawa.

"Ketika pasokan dari Pulau Jawa minim atau barang-barang kebutuhan mulai kosong maka harganya jadi naik, dan ini sudah biasa," katanya.

Hanya saja, ibu satu anak ini berharap, kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok tersebut tidak terus terjadi dan merambah hingga berbagai kebutuhan lain seperti gula, susu, minyak, tepung yang saat ini masih normal.

"Kita harap harga berbagai kebutuhan pokok stabil. Kalaupun harganya ada yang naik semoga tidak terlalu tinggi," katanya.

Editor: Rachmat Hidayat

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga