Tangkap Distributor Beras Bercampur Bahan Kimia, Kata Ketua DPRD Ini

id DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto, Tangkap Distributor Beras Bercampur Bahan Kimia

Tangkap Distributor Beras Bercampur Bahan Kimia, Kata Ketua DPRD Ini

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto meminta kepada pihak yang berwajib untuk menangkap distributor beras yang mencampur bahan kimia.

Kendati di kota setempat masih belum ada ditemukan, namun di beberapa kabupaten di Kalteng sudah ada ditemukan beras bercampur bahan kimia.

"Saya minta Tim Mafia Pangan Kota Palangka Raya yang tergabung anggota kepolisian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Balai Pengawasan Obat dan Makanan wajib melakukan pengawasan tersebut di pasaran. Tangkap distributor yang meracuni masyarakat dengan cara mencampur makanan dengan bahan kimia," kata Sigit, di Palangka Raya, Jumat.

Dia menjelaskan, efek dengan adanya hal tersebut sudah tentu sangat besar dampaknya ketubuh manusia yang mengkonsumsi jenis beras tersebut. Tentunya bisa merusak sistem organ di dalam tubuh hingga menjadi penyakit.

"Beras berbahan kimia ini dibandingkan narkoba kejahatannya, sudah tentu jahat beras yang diduga bercampur bahan kimia. Kalau narkoba itu hanya dikonsumsi untuk kalangan yang menyalagunakan saja, sedangkan bahan kebutuhan pokok utama ini dimakan halayak banyak setiap hari," ucapnya.

Ketua DPRD dua periode itu meminta Tim Mafia Pangan Kota setempat untuk terus memperketat pengawasan terhadap masuknya bahan sembako yang berasal dari luar daerah.

"Pengawasan diperketat, apabila terbukti ada distributor yang menjual beras mengandung bahan kimia dan lain sebagainya. Saya berharap pelakunya dihukum seberat-beratnya sesuai dengan perbuatannya yang tidak terpuji itu," demikian Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.