Adolina Sendol Jabat Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Bartim

id KKP bartim, Adolina Sendol, kaukus perempuan parlemen

Adolina Sendol Jabat Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Bartim

Ketua KPP Kalteng, Andina Theresia Narang saat melantik Ketua KPP Bartim Adolina Sendol dan jajaran pengurus di gedung DPRD setempat, Selasa. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Anggota Dewan Perwakilan Rajyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Adolina Sendol resmi menjabat ketua Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) masa bakti 2017-2019.

Politisi partai Nassional Demokrat (Nasdem) itu dilantik ketua KPP Kalteng, Andina Theresia Narang di gedung paripurna DPRD Bartim, Selasa. 

"Karena telah dilantik, maka kami siap melaksanakan tupoksi sesuai visi - misi KPP," ucapnya. 

Adolina menjelaskan, sesuai visi miso KPP maka pihaknya yang yeridir dari lima anghota dewan perempuan akan mengupayakan peniadaan peraturan peru sangan yang bias tentang jender. 

Ia juga berjanji akan mendorong terlaksananya pembentukan undang-undang yang sensitif jender, serta mengembangkan kemitraan dengan semua pihak terkait dalam pemberdayaan perempuan ditingkat nasional dan internasional. Hal ini pun akan dimulai di Kabupaten Bartim. 

Ketua KPP Provinsi Kalteng, Andina Theresia Narang  mengatakan, KPP merupakan wadah untuk mempercepat proses demokratisasi di Indonesia dengan mengutamakan jender  dalam pembangunan nasional serta mewujudkan kesetaraan dan keadilan jender melalui fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

Anggota DPRD Provinsi Kalteng dari PDIP itu juga menegaskan, visi dan misi yang wajib dilaksanakan KPP adalah terciptanya akselerasi demokrasi Indonesia yang diimplementasikan dalam meningkatkan partisifasi perempuan dalam setiap proses pengambilan kebijakkan publik. Utamanya dalam mengupayakan terciptanya kebijakan program, kebijakan proyek dalam kebijakan pembangunan, mengintegrasikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan serta permasalahan laki-laki  dan perempuan secara seimbang dan adil.

"Saya berharap dengan telah dilaktiknya  pengurus ini agar dapat menjalankan topoksinya sesuai dengan visi dan misi  dan bisa menjadi barisan terdepan dalam upaya memperjuangkan hak-hak serta kepentingan kaum perempuan," kata Andina. 

Ia berharap dalam setiap kebijakan mulai dengan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, serta tata pemerintahan memiliki wawasan jender.

Pewarta :
Editor : Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar