Unggul dua suara, Muniko Kurniawan terpilih jadi Ketua KONI Bartim

id Unggul dua suara,Muniko Kurniawanterpilih jadi ketua KONIBartim, kalteng, bartim, Barito Timur

Unggul dua suara, Muniko Kurniawan terpilih jadi Ketua KONI Bartim

Hasil penghitungan suara pemilihan ketua dalam Musorkablub KONI Bartim di Tamiang Layang, Sabtu (30/3/2024). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Muniko Kurniawan terpilih menjadi ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah setelah unggul dua suara saat pemilihan ketua dalam Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa KONI setempat.

"Hasilnya, Wahyudinnor sebagai calon nomor 1 memperoleh sebelas suara dan Muniko Kurniawan calon nomor 2 memperoleh 13 suara, sedangkan dua suara abstain," kata Caretaker KONI Kabupaten Barito Timur, Ade Supriadi di Tamiang Layang, Sabtu.

Dengan berakhirnya Musorkablub, tambah Ade, maka diperlukan kekompakan dan lebih solid. Pihak yang berbeda pilihan bisa disatukan kembali sehingga KONI Barito Timur periode 2024-2028 bisa lebih kuat.

Ade selaku Wakil Ketua KONI Kalteng juga meminta ketua KONI terpilih, Muniko dan formatur bisa menyusun struktur kepengurusan organisasi dalam waktu 14 hari ke depan.

"Saya harap sebelum Lebaran 2024, struktur kepengurusan sudah selesai dan diajukan sehingga setelah lebaran dilaksanakan pelantikan KONI Barito Timur," kata Ade.

KONI Barito Timur diharapkan bisa bergerak cepat, dengan harapan bisa melaksanakan pembinaan cabang-cabang olahraga atau mengurus atlet-atlet karena itu yang lebih penting atau diutamakan.

"Pengurusan (pembinaan) atlet itu lebih penting karena untuk peningkatan-peningkatan prestasi," kata Ade.

Baca juga: Pengurus KONI Barito Utara masa bakti 2023-2027 resmi dilantik

Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan mengapresiasi terselenggaranya Musorkablub KONI  Bartim. Indra juga menyatakan siap mendukung pengurusan, koordinasi dan komunikasi KONI Barito Timur ke tingkat nasional.

"Pak Darmo itu teman saya, sekarang beliau di KONI Pusat. Sekjen Menpora juga teman saya dan saya siap membantu menjembatani koordinasi dan komunikasi untuk kemajuan KONI Barito Timur," kata Indra.

Terpisah, Ketua Umum KONI Barito Timur  yang terpilih Muniko menyampaikan akan memperhatikan waktu yang diberikan selama waktu 14 hari maka akan secepatnya membentuk struktur kepengurusan agar organisasi segera aktif melakukan pembinaan cabang olahraga.

"Saya secara pribadi mewakili KONI Bartim akan melakukan gebrakan penjaringan bibit atlet dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)," kata pria yang sering disapa Miko itu.

Baca juga: Heriyus resmi pimpin KONI Murung Raya

Dijelaskan Miko, pihaknya akan bekerja sama dengan sekolah-sekolah agar bisa menggali bibit-bibit yang tersimpan. Upaya ini untuk bisa  membawa nama Kabupaten Barito Timur ke kancah provinsi, nasional bahkan hingga internasional.

Wahyudinnor menyatakan siap mendukung KONI Barito Timur. Dia juga berpesan agar di bawah kepemimpinan Muniko Kurniawan sinergisitas pengurus KONI Barito Timur diperkuat lagi.

"Karena KONI Barito Timur ini menjadi kekuatan penuh sebagai induknya cabang-cabang olahraga," demikian Wahyudinnoor.

Baca juga: Optimasi lahan rawa tingkatkan produksi padi di Barito Timur

Baca juga: Kepala OPD di Bartim harus proaktif cari solusi jika ada permasalahan di masyarakat

Baca juga: Pemkab Barito Timur dapat kouta 2.777 formasi CASN pada tahun 2024