BPJS Akan Sosialisasikan Hidup Sehat ke SDN 5 Menteng

id bpjs kesehatan, hidup sehat, sdn 5 menteng

BPJS Akan Sosialisasikan Hidup Sehat ke SDN 5 Menteng

Ilustrasi - Dua siswa SD membeli jajanan di dekat sekolah mereka. Membiasakan anak untuk membawa bekal ke sekolah merupakan hal penting untuk kesehatan generasi muda daripada harus jajan sembarangan di sekolah. (ANTARA/Asep Fathulrahman)

Jakarta (Antara Kalteng) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mensosialisasikan perilaku hidup sehat ke 13 sekolah dasar yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk salah satunya di SDN 5 Menteng Kota Palangkaraya, untuk meningkatkan kesadaran siswa, orang tua, dan guru dalam menerapkan gaya hidup sehat.

Kegiatan sosialisasi hidup sehat tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) BPJS Kesehatan yang ke-49 yang akan dilaksanakan pada Rabu (19/7).

Deputi Direksi Bidang Jaminan Pelayanan Kesehatan Primer BPJS Kesehatan Fachrurrazi dalam konferensi pers di kantor BPJS Kesehatan Jakarta, Selasa, mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk mengedukasi anak-anak sekolah akan pentingnya pola hidup sehat sehari-hari.

"Kami ingin menunjukkan kepada para pelajar SD betapa murah dan mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat. Cukup dengan rajin menggosok gigi, cuci tangan, dan senam setiap hari, kita sudah bisa meningkatkan kebugaran dan sistem imun kita sehingga tidak mudah sakit," kata Fachrurrazi.

Rangkaian kegiatan yang akan dilakukan antara lain senam bersama, berbagi motivasi dari direksi BPJS Kesehatan, edukasi dan pemeriksaan telinga dan gigi, serta pembagian bantuan berupa televisi dan keping video tentang kesehatan, dan bantuan alat-alat olahraga.

Fachrurrazi menekankan BPJS Kesehatan telah menyiapkan puluhan ribu keping CD yang berisi video edukasi tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan ke dokter, cara mencegah terkena penyakit DBD dan memberantas nyamuk, serta video tentang ajakan gemar memakan buah dan sayur.

Ke depannya, BPJS Kesehatan juga akan memproduksi video kesehatan khusus anak-anak dengan lebih banyak judul dan tema untuk disebarkan ke sekolah-sekolah yang lebih luas.

"Kami juga berharap pihak sekolah dan orang tua dapat turut serta dalam membudayakan perilaku pola hidup sehat. Apalagi usia anak SD adalah masa di mana anak-anak meniru kebiasaan orang-orang sekitarnya," kata Fachrurrazi. 
    
Fachrurrazi menjelaskan kegiatan sosialisasi yang dilakukan di 13 sekolah dasar di seluruh Indonesia merupakan simbolis dari 13 kedeputian wilayah BPJS Kesehtaan yang tersebar di seluruh Indonesia.¿

Ke-13 SD yang akan dikunjungi BPJS Kesehatan yaitu:
- SDN 5 Menteng Kota Palangkaraya Kalteng, 
- SDN 24 Kuta Alam Banda Aceh, 
- SD 13 Tuapeijat Kabupaten Kepulauan Mentawai, 
- SDN 157 Kecamatan Kemuning Palembang, 
- SDN Jatinegara Kaum 03 Pagi Jakarta Timur, 
- SDN Dewi Sartika CBM Sukabumi, 
- SD Negeri Pendowoharjo Sleman, 
- SDN Banyuanyar 1 Kabupaten Sampang, 
- SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar, 
- Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palu, 
- SDN 1 Semarapura Tengah Klungkung, 
- SD Inpres 18 Sorong, dan 
- SDN Bulakan llI Cilegon.