Bupati Kapuas-Deputi BNPB Panen Raya

id Kapuas, Bupati Kapuas, Ben Brahim, Bupati Kapuas-Deputi BNPB Panen Raya, BNPB RI

Bupati Kapuas-Deputi BNPB Panen Raya

Bupati Kapuas dan Deputi RR BNPB Pusat saat melakukan panen praya perdana di desa Terusan Mukya kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas. (Foto Antara Kalteng/Ahmad Effendi)

Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat Ir Harmensyah MM bersama Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat serta pejabat lainnya melakukan panen raya Percontohan Budidaya Tanaman Padi Varietas Unggul Baru di Desa Terusan Mulya, Kecamatan Bataguh.

Panen perdana kali ini menurut Harmensyah yang hadir mewakili Kepala BNPB pusat tersebut adalah bentuk pemerintah hadir di masyarakat yang ingin selalu dekat dan memberi perhatian atas apa yang diperlukan. 

"Melalui BNPB pemerintah perlahan hadir ke masyarakat dengan memberikan bantuan sesuai yang diperlukan," kata Harmensyah belum lama ini.

BNPB lanjutnya akan selalu ada terkait dengan musibah,  seperti bencana banjir, kekeringan ataupun kebakaran. "sementara kita dukung pembuatan demplot seluas 50 hektar ini dulu, nanti akan kita lihat apa lagi yang bisa kita gulirkan bantuan di wilayah ini," katanya.

Dirinya berharap dengan adanya demplot pertanian berupa padi varietas unggul baru yang mampu menghasilkan 8 ton oer hektar ini bisa jadi awal untuk masyarakat bersemangat dan kedepan bisa mandiri. 

"Bantuan bisa saja kita tambah lagi, namun penyelenggara melihat dari akuntabilitas dan pekerjaan yang baik.  Hampir seluruh Indonesia kita bantu termasuk Kapuas ini, " tambahnya. 

Sementara itu Bupati Kapuas merasa senang dengan adanya bantuan varietas unggul  yang menguntungkan bagi maayarakat petani setempat.
  
"Terimakasih kepada BNPB atas bantuan ini, kiranya masyarakat merasa senang dan dapat meningkatkan hasil pertaniaannya dimasa mendatang agar semakin sejahtera," tutur Ben.

Ditambahkannya, bahwa demplot dari BNPB ini bisa sebagai pemicu masyarakat untuk lebih bersemangat dan jadi bagian petani yang mempertahankan Kabupaten Kapuas sebagai lumbung padi di Kalimantan Tengah. 

"Sebagaimana kita ketahui bahwa 50 persen lebih padi di Kalteng di pasok dari Kabupaten Kapuas," ungkapnya.