BPJS Kesehatan Seruyan Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks

id BPJS Seruyan, Herlina Agus Lestari, Pemeriksaan Kanker Serviks

Ilustrasi. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Kuala Pembuang (Antara  Kalteng) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah menggelar pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara di Kuala Pembuang, Kamis.

Kepala BPJS Seruyan Herlina Agus Lestari mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut Surat Edaran Menteri Kesehatan yang menetapkan bulan Oktober 2017 sebagai bulan deteksi dini kanker serviks dan payudara.

"Pemeriksaan kanker gratis ini juga sebagai upaya meningkatkan peran BPJS Kesehatan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya bagi peserta JKN-KIS," katanya.

Ia menambahkan, deteksi dini kanker serviks dan payudara juga dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan promotif dan preventif untuk meningkatkan atau mendorong tumbuhnya kesadaran, pengetahuan dan kepedulian terhadap ancaman kanker rahim dan kanker payudara.

"Selain melalui kegiatan ini, kita juga mendorong wanita atau ibu-ibu, peserta JKN-KIS untuk tidak malu-malu memeriksakan diri ke Puskesmas, karena ini penting bagi kesehatan pribadi masing-masing," katanya.

Sementara, Kepala Dinkes Seruyan Mahdiniansyah menjelaskan, kanker serviks sudah menjadi masalah nasional dan termasuk dalam kategori pembunuh nomor satu perempuan Indonesia yang berusia antara 30-60 tahun dengan 250 kasus kematian setiap tahunnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau kaum perempuan untuk menumbuhkan kesadaran dan jangan ragu melakukan deteksi dini kanker serviks dan payudara, semakin dini terdeteksi maka akan semakin baik, karena bisa segera ditangani.

"Deteksi dini kanker ini dilakukan melalui tes inspeksi visual asam asetat (IVA) dan pemeriksaan payudara klinis (sadanis) yang tidak membutuhkan waktu lama. Langkah ini bisa dilakukan di tempat-tempat pelayanan kesehatan tingkat primer, seperti Puskesmas," katanya.

Sementara, deteksi dini kanker yang digelar bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Kejaksaan dilaksanakan di UPTD Puskesmas Kuala Pembuang I diikuti puluhan peserta dari Dharma Wanita, Bhayangkari serta ibu-ibu dari sekitar Kuala Pembuang.

Selain pemeriksaan, kegiatan deteksi kanker juga diisi dengan penyuluhan mengenai manfaat pemeriksaan IVA dan sadanis oleh dokter spesialis kandungan dari RSUD Kuala Pembuang.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar