Hamilton Ingin "Ngotot" Menang di GP Meksiko Sebagai Kunci Juara F1

id lewis hamilton, formula 1, GP meksiko

Hamilton Ingin "Ngotot" Menang di GP Meksiko Sebagai Kunci Juara F1

Lewis Hamilton. (jamesallenonf1.com)

Mexico City (Antara/Reuters) - Lewis Hamilton mengatakan ia ingin berupaya mengamankan gelar Formula 1 keempatnya dengan memenangi Grand Prix Meksiko pada Minggu, ketimbang finis di posisi kelima.

Pebalap Mercedes itu berada di ambang untuk menjadi pebalap asal Britania pertama yang empat kali menjadi juara dunia, unggul satu kali dari Jack Steward, dan hanya memerlukan posisi kelima untuk mewujudkannya.

Pebalap 32 tahun itu sedang berada dalam penampilan terbaiknya, memenangi lima dari enam balapan terakhir untuk membangun keunggulan 66 poin atas pebalap Ferrari Sebastian Vettel dengan tiga putaran tersisa.   
   
"Saya berencana untuk menang. Saya tidak berada di sini untuk hal lain selain menjadi nomor satu," kata Hamilton pada konferensi pers di Mexico City pada Rabu malam.

"Saya hanya berpikir tentang hal itu ketika saya berjalan di sini. Memang betul bahwa saya hanya perlu finis di posisi kelima. Namun saya pikir, saya bertanya kepada diri sendiri, "Bagaimana rasanya jika saya finis di peringkat kelima dan memenangi kejuaraan dunia?" Itu tidak akan terasa hebat."
   
Hamilton sebenarnya merasa baik-baik saja saat terakhir kali hal itu terjadi, meski situasinya berbeda.

Ia memenangi kejuaraan pertamanya bersama McLaren pada 2008 setelah finis di posisi kelima pada balapan terakhir musim itu di Brazil, dengan menyalip pada tikungan terakhir di lap terakhir.

Situasinya sekarang sangat berbeda, di mana pebalap Britania itu dipastikan masih memimpin klasemen menuju balapan terakhir di Abu Dhabi bulan depan bahkan meski ia tidak mendapat poin di Meksiko atau Brazil.

Meksiko merupakan kesempatan keduanya untuk memastikan gelar setelah secara matematis berada di urutan pertama di Texas akhir pekan silam.

Vettel finis di posisi kedua pada balapan itu, untuk membuat peluang menjadi juara dunia masih terbuka setidaknya untuk satu pekan lagi.

"Saya ingin berada di atas podium. Anda ingin berada di atas sana...sebagai pebalap, Anda secara konstan ingin memperlihatkan penampilan dan kekuatan Anda dan Anda tidak pernah mau mendapatkannya begitu saja," kata Hamilton. "Maka, itulah tujuan saya akhir pekan ini."
   
"Menurut saya itu akan sulit... Lebih rapat antara Red Bull dan Ferrari dan kami. Namun saya menyukainya. Dan saya berharap bahwa jika saya dapat membalap seperti yang saya lakukan pada balapan terakhir, pekan lalu, menurut saya ini dapat menjadi akhir pekan yang bagus."
   
"Saya sangat, sangat bangga untuk mengibarkan bendera Britania setiap kali saya berada di podium. Dan untuk berada di atas sana dengan yang terhebat, sekarang berpotensi unggul satu langkah atas para sosok hebat di Inggris... Itu melampaui impian-impian saya dan melampaui mimpi-mimpi terliar keluarga saya."
(H-RF)