Parpol - Ormas Diminta Didik Masyarakat Sadar Politik

id pemkab Lamandau, Saptono, Parpol, Ormas

Parpol - Ormas Diminta Didik Masyarakat Sadar Politik

Parpol dan Ormas saat mengikuti kegiatan sosialisasi pemantapan stabilitas sosial dan politik di aula Hotel Putri Tunggal. (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Lamandau meminta partai politik dan organisasi kemasyarakatan berperan aktif dan ikut mendidik masyarakat agar sadar serta dewasa memahami politik.

Permintaan itu disampaikan Asisten I Setda Lamandau Saptono mewakili Bupati saat membuka sosialisasi pemantapan stabilitas sosial dan politik yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) di Nanga Bulik, Rabu.

"Suka tidak suka, peran Parpol dan Ormas melaksanakan pendidikan politik dan menanamkan nilai strategis dalam membangun karakter bangsa sangat besar. Hal inilah yang mendasari perlunya keterlibatan dalam melakukan pendidikan politik," tambahnya.

Dinamika sosial dan perkembangan masyarakat yang majemuk menuntut peningkatan peran, fungsi dan tanggung jawab Parpol, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan Ormas lainnya dalam berdemokrasi secara konstitusional.

Dia mengatakan kegiatan pemantapan stabilitas sosial politik ini diharapkan agar dapat meningkatkan pemahaman peserta sosialisasi mengenai perkembangan dan dinamika politik Indonesia khususnya di Kabupaten Lamandau.

"Masyarakat dapat memahami kehidupan berdemokrasi dalam melaksanakan hak dan kewajibannya untuk mewujudkan pembangunan daerah yang maju dan mandiri dengan pemikiran kedewasaan politik yang tinggi," kata Saptono.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kesbangpol Lamandau Nanang Rully mengatakan tujuan utama dari dilaksanakannya kegiatan sosialisasi pemantapan stabilitas sosial politik tersebut tidak lain adalah untuk meningkatkan kesadaran berpolitik masyarakat di Lamandau.

Dia mengatakan selain untuk meningkatkan pemahaman dan kedewasaan berpolitik masyarakat, kegiatan itu juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat guna terciptanya stabilitas sosial politik yang kondusif di Kabupaten Lamandau.

Apalagi Kabupaten Lamandau pada tahun 2018 akan melaksanakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) bupati dan wakil bupati Lamandau periode 2018-2023.

"Kita semua tentunya berharap, Pilkada tahun 2018 mendatang di Kabupaten Lamandau agar bisa berjalan dengan aman, lancar dan sukses," demikian Nanang.