PKPI Kalteng Kaji Bacalon Pilkada di 6 Kabupaten

id PKPI Kalteng, Bacalon Pilkada, pilkada serentak, Ergan Tunjung, yustina

PKPI Kalteng Kaji Bacalon Pilkada di 6 Kabupaten

Anggota DPRD Kalteng Yustina Ujang Iskandar (kiri) saat ikut donor darah yang dilaksanakan di sekretariat PKPI Kalteng, Palangka Raya, Selasa (07/11/17) Ist

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ketua Dewan Pimpinan Provinsi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia Kalimantan Tengah, Ergan Tunjung mengaku sampai sekarang ini pihaknya masih mengkaji sejumlah nama yang akan diusung dalam Pemilihan Kepala Daerah tahun 2016 di enam kabupaten.

Andaipun ini masih andai, PKPI dinyatakan tidak memenuhi syarat jadi peserta pemilu tahun 2019 namun partai ini tetap memiliki hak untuk mengusung pasangan calon maju di Pilkada 2018, kata Ergan saat memantau penyelenggaraan kegiatan donor darah di sekretariat PKPI Kalteng Kota Palangka Raya, Selasa.

"Untuk 11 Pilkada di Kalteng tahun 2018, PKPI punya anggota DPRD di enam Kabupaten, yakni Pulang Pisau, Barito Timur, Katingan, Gunung Mas, Lamandau dan Sukamara. Jadi, sejumlah bakal calon ada yang mendaftar ke kita dan saat ini masih diproses," tambahnya.

Anggota DPRD Kalteng ini menegaskan bahwa PKPI dalam mengusung calon di Pilkada terbuka bagi kader maupun bukan kader dan diperlakukan sama. Hanya, para bacalon tersebut harus melalui berbagai mekanisme yang telah ditetapkan PKPI.

Dia pun mencontohkan Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas yang kembali maju sebagai calon di Pilkada, tetap harus melalui berbagai mekanisme PKPI. Padahal Ampera merupakan kader sekaligus Sekretaris PKPI Kalteng.

"Pak Ampera itu tetap mengikuti uji kelayakan dan kepantasan juga. Jadi, PKPI itu partai yang terbuka. Tapi, sampai sekarang kita belum mengeluarkan nama siapa-siapa di enam kabupaten itu yang akan di usung," kata Ergan.

Sementara mengenai kegiatan donor darah yang dilaksanakan DPP PKPI Kalteng, dia menyebut bahwa kegiatan tersebut sebagai upaya berkontribusi terhadap kemanusiaan. Sebab, sampai sekarang ini ketersediaan darah belum mampu memenuhi kebutuhan orang-orang yang membutuhkan.

Anggota DPRD Kota Palangka Raya periode 2009-2014 ini mengatakan pihaknya tidak hanya melaksanakan donor darah, namun juga berbagi kasih dengan menyediakan paket sembako yang dibagikan kepada sejumlah masyarakat.

"Kegiatan ini juga dalam rangka memeringati hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan tahun 2018. Kita berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat," demikian Ergan.Â