Pejabat Pemkot Palangka Raya Diminta Tingkatkan Kompetensi

id Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia, pemkot palangka raya

Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia (tengah) pada acara "assesment" bagi pejabat administrasi, administrator dan pengawas di lingkungan Pemerintah Kota di Palangka Raya, Senin (12/11). (Foto Dok, Humas Pemkot)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Dr HM Riban Satia meminta pejabat di lingkungan pemkot setempat untuk meningkatkan kompetensi guna menciptakan pemerintahan dengan pelayanan prima.

"Untuk meningkatkan kompetensi segera dilakukan `assesment` atau penilaian menyeluruh sebagai bahan tim Baperjakat untuk pengisian, promosi, mutasi, rotasi pejabat administrator dan pengawas," kata Riban di Palangka Raya, Senin.

Assesment juga termasuk sebagai bahan mengindentifikasi kebutuhan pengembangan ASN yang telah menduduki jabatan.

"Saya juga tegaskan bahwa para pejabat harus terus menigkatkan dan mengembangkan kompetensinya," ucapnya.

Pernyataan itu diungkapkan dia saat membuka kegiatan "assesment" bagi pejabat administrasi, administrator dan pengawas di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya.

Wali Kota Palangka Raya dua periode itu mengatakan, setiap pejabat pejabat administrator dan pengawas wajib memenuhi sejumlah kriteria.

Diantaranya harus memiliki kompetensi teknis, kemampuan manajerial dan kompetensi sosiokultural. Selain itu juga mampu kualitas dan profesionalistas serta menciptakan birokrasi yang efektif dan efisien.

"ASN dituntut memiliki SDM, integritas dan komptenesi yang tinggi sehingga mampu menjadi pendorong dan penggerak birokrasi pemerintahan. Melalui kegiatan ini akan kita lihat cara berpikir, kemampuan analisa, jiwa kepemimpinan serta sejauh mana kemampuan menjalin kerjasamanya," katanya.

Sementara itu, Kepala BKPP Kota Palangka Raya Nyta Bianyta Rezza menerangkan, "assesment" tersebut akan dilakukan oleh Tim Assesment Center Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.

Acara tersebut diikuti sebanyak 100 peserta terdiri dari 17 pejabat administrator dan 83 pejabat pengawas.

Assesment untuk mengetahui peta dan informasi tentang kemampuan manajerial pejabat administrator dan pengawas dalam menduduki jabatan struktural. Hasilnya sebagai salah satu bahan pertimbangan bagi Pejabat Pembina Kepegawaian dalam pengangkatan, penempatan dan promosi jabatan, kata istri Sekda Kota Palangka Raya.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar