Ini Permintaan Bupati Lamandau ke Gubernur Sugianto

id bupati lamandau, jalan lamandau, APBD kalteng, gubernur kalteng

Ini Permintaan Bupati Lamandau ke Gubernur Sugianto

Bupati Lamandau Marukan pada saat diskusi dengan Gubernur Kalteng terkait dengan pembangunan yang di Kabupaten Lamandau di Istana Isen Mulang Palangka, Senin (11/12/2017). (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Lamandau di tahun 2017 ada menyampaikan usulan memperbaiki sejumlah ruas jalan kepada Pemerintah Provinsi, namun di tahun 2018 belum dianggarkan sehingga Gubernur Kalimantan Tengah diminta dapat merealisasikannya pada tahun 2019.

Sangat disayangkan Pemerintah Provinsi Kalteng di tahun 2018 belum ada program multiyears (tahun jamak) di Kabupaten Lamandau, padahal usulan perbaikan jalan telah disampaikan, kata Bupati Lamandau Marukan saat berada di Palangka Raya, Selasa.

"Perbaikan jalan yang telah kita usulkan itu antara lain, Simpang Sepaku menuju Perigi, Perigi menuju Beruta, Beruta menuju Bayat, Bayat menuju Tapin Bini, dan Tapin Bini menuju Penopa. Semoga di tahun 2019 bisa direalisasikan," tambahnya.

Bupati dua periode dan akan berakhir pada Juni 2018 ini menyebut perbaikan sejumlah ruas jalan tersebut sangat diperlukan karena berkaitan langsung dengan kebutuhan sekaligus membantu aktivitas masyarakat.

"Kendatipun masa jabatan saya telah berakhir pada 22 Juli tahun 2018, harapannya apa yang telah diusulkan tersebut bisa tetap menjadi perhatian Gubernur Kalteng. Setidaknya bisa diprogramkan pada tahun 2019," kata Marukan.

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran usai acara penyerahan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (Dipa) untuk tahun anggaran 2018, langsung mengadakan diskusi dengan Bupati/Wali Kota serta camat se-Kalteng , di Palangka Raya, Senin.

Orang nomor satu di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila" ini pun mengapresiasi dan menyambut baik apa yang telah disampaikan Bupati Lamandau. Menurut dia, keberhasilan pelaksanaan pembangunan tersebut tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya dukungan dari seluruh komponen.

"Hubungan dan dukungan Eksekutif, Legislatif, Yudikatif serta warga masyarakat yang ada di Provinsi Kalteng ini untuk saling besinergi agar menjadi daerah yang maju dan berkembang," ucap Sugianto.

Fungsionaris Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini pun menyebut adanya pertemuan Gubernur dengan Bupati/Wali Kota serta para camat agar dapat membuka segala permasalahan yang terdapat pada daerahnya masing-masing.

"Direncanakan pada pertengahan bulan Januari 2018 mendatang saya akan menghadap kepada Bapak Presiden, termasuk salah satu yang akan saya sampaikan nanti dengan beliau diantaranya adalah masalah jalan dan ini yang akan saya bahas nanti bersama beliau," kata Sugianto.