KPU Lamandau Bekali Paslon Alur Pemeriksaan Kesehatan

id KPU Lamandau, Daang Padoma, Paslon pilkada, pilkada serentak

KPU Lamandau Bekali Paslon Alur Pemeriksaan Kesehatan

Para Bakal Calon bupati dan wakil bupati Lamandau periode 2018-2023 saat mengikuti sosialisasi pemeriksaan kesehatan di aula kantor KPU Kabupaten Lamandau, Kamis (11/01/2018). (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah melakukan pembekalan bagi bakal pasangan calon peserta pilkada serentak di daerah setempat, menjelang pelaksanaan tes atau pemeriksaan kesehatan yang dijadwalkan 12-14 Januari 2018.

Pemeriksaan kesehatan bakal paslon dilaksanakan di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat, kata Ketua KPUD Lamandau, Daang Padoma di Nanga Bulik, Kamis.

Dipilihnya RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, karena fasilitas RSUD di Kabupaten Lamandau tidak lengkap dan tidak mendukung. Jadi, biar jangan bingung, kita bekali alur pemeriksaan kesehatan yang nantinya akan dilakukan," ucapnya.

Dalam pemeriksaan kesehatan nantinya para bakal calon akan menjalani tiga tahap, yakni pemeriksaan kemampuan jasmani, rohani dan pemeriksaan atau tes bebas dari penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.

Daang mengatakan pemeriksaan kesehatan terhada pempat paslon, nantinya sudah ada tim dokter yang ditunjuk. Bahkan masing-masing bakal Calon Bupati maupun wakil bupati, juga akan di dampingi satu orang dokter.

"Paslon bisa bertanya kepada dokter pendampingannya masing-masing terkait apa saja yang harus dilakukan pada saat pemeriksaan kesehatan nanti," katanya.

Mengenai hasil dari pemeriksaan kesehatan, pihak RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun nantinya tidak akan menyerahkan langsung kepada para paslon, melainkan langsung ke KPUD Lamandau.

Dalam Pemerikasaan Kesehatan tersebut juga dilibatkan BNN Kotawaringin Barat. Ini juga salah satu alasan memilih RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun tempat pemeriksaan kesehatan paslon, kata Daang.

Empat paslon yang telah mendaftar ke KPUD Lamandau, yakni Hendra Lesmana-Riko Porwanto diusung Partai Golkar, Nasdem dan PPP. Bakal paslon FX Perwiragato-Taufik Hidayat diusung PDIP, Demokrat, Gerindra, Hanura dan PKPI, dan bakal paslon Sata Umani-Karyadi diusung PAN dan PKB, serta Taji Pranito-Gandhi Nuswantara dari jalur perseorangan.