Pekerjaan infrastruktur PUPR Sesuai SK Bupati Sukamara

id dinas PUPR, bupati sukamara

Pekerjaan infrastruktur PUPR Sesuai SK Bupati Sukamara

Kepala Dinas PUPR H Kantet Sri Waluyo, Kabid Bina Marga Chandra Fuji Asmara, dan Kabid Cipta karya dan Bina Jasa Konstruksi Dinas Perkim, Syafri Dharma, mendampingi Bupati Sukamara H Ahmad Dirman saat meninjau salah satu bangunan. (Foto Antara Kalt

Sukamara (Antaranews Kalteng) - Kepala Dinas pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR ) Kabupaten Sukamara, H Kantet Sri Waluyo mengatakan proses pekerjaan tahun 2018 sedang berjalan dan sebagian masih dilakukan lelang perencanaan, dan untuk pekerjaan infrastruktur jalan Dinas PUPR mengerjakan sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Sukamara. 

"Dalam pengerjaan jalan memang saat ini, Dinas PUPR hanya menangani jalan yang poros yang sudah ada SK oleh Bupati Sukamara, sedangkan untuk jalan lingkungan ditangani oleh Bidang Cipta karya Dinas Perkim atau desa bersangkutan, namun bisa juga ditangani oleh Dinas PUPR,” kata Kantet di Ruang kerjanya, Kamis.

Menurutnya, memang pengerjaan jalan poros sudah menjadi tugas PUPR, namun jalan tersebut disesuaikan dengan SK Bupati. Namun apabila Dinas Perkim belum memiliki anggaran untuk jalan penunjang jalan poros tentu Dinas PUPR bisa juga menanganinya dengan ketentuan harus menyurati Dinas Perkim atau melakukan koordinasi.

Selain itu, penanganan jalan lingkungan bisa saja dilakukan oleh desa karena desa sudah memiliki Alokasi Dana Desa ( ADD ) sehingga memungkinkan untuk membangun infrastruktur jalan lingkungan, namun  itu juga harus tetap melakukan koordinasi baik dengan Dinas PUPR maupun Dinas Perkim.

"Ada beberapa kepala desa yang melakukan koordinasi, baik datang langsung maupun melalui via telpon dalam membangun jalan lingkungan, hal  ini sangat baik dilakukan agar pembangunan tidak terjadi tumpang tindih," ucap Kantet.

Dikatakannya, dalam pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Sukamara selama ini koordinasi selalu dilakukan setiap SOPD, dan dilaksanakan sesuai dengan misi dan visi Kabupaten Sukamara.

"Kita selama ini terus melakukan koordinasi untuk mengeroyok suatu pekerjaan yang menyesuaikan bidang kita masing-masing dan hal ini dilakukan guna mendukung misi dan visi Kabupaten Sukamara termasuk dalam membangunan infrastruktur," ungkap Kantet.