DPRD tantang pemkot tingkatkan pengelolaan Sakip 2018

id DPRD Kota Palangka Raya, Beta Syailendra ,pengelolaan sakip 2018

DPRD tantang pemkot tingkatkan pengelolaan Sakip 2018

Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Beta Syailendra. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Penilaian ke depan wali kota dan OPD harus tingkatkan kualitas kinerja. Harus ada perbaikan pengelolaan SAKIP. Di tahun 2017 mendapat CC maka 2018 harus meraih predikat B
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Beta Syailendra menantang pemerintah kota untuk meningkatkan pengelolaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) sehingga minimal dapat meraih nilai B pada 2018.

"Penilaian ke depan wali kota dan OPD harus tingkatkan kualitas kinerja. Harus ada perbaikan pengelolaan SAKIP. Di tahun 2017 mendapat CC maka 2018 harus meraih predikat B," kata Beta di Palangka Raya, Rabu.

Bahkan, lanjut politisi PAN ini, Pemerintah Kota Palangka Raya diharapkan nantinya akan memperoleh nilai tertinggi dalam pengelolaan SAKIP.

Terlebih lagi, Kota Palangka Raya menjadi Ibu Kota Provinsi dan menjadi salah satu daerah yang menjadi tolok ukur pelaksanaan pemerintahan di Provinsi Kalimantan Tengah.

Saat ini, dalam pengelolaan SAKIP 2017, pemerintah kota mendapat predikat nilai CC. Capaian tersebut meningkat dari tahun 2016 yang mendapat predikat C.

Meski demikian, capaian Pemerintah "Kota Cantik" ini dalam pengelolaan SAKIP ini di bawah Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah yang memperoleh predikat B.

"Untuk itu pelaporan harus dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan serta penuh tanggung jawab. Kerapian dan detail pelaporan juga harus diperhatikan. Jika dilakukan konsisten kami yakin Pemkot bisa mendapat nilai terbaik," kata pria yang juga sebagai Ketua DPD PAN Kota Palangka Raya.

Dia menambahkan, pihaknya secara rutin juga memantau pelaksanaan kinerja dan program kerja mitra Komisi A melalui rapat dengar pendapat (RDP).

"Secara rutin, melalui RDP kita juga terus memantau kinerja mitra kerja. Namun terkait ini kita lihat dahulu urgensinya dan bukan tidak mungkin kita akan memanggil pemerintah kota," katanya.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar