Dompet Dhuafa bantu tingkatkan kompetensi guru Seruyan

id Dompet Dhuafa,kompetensi guru Seruyan,Sekolah Guru Indonesia

Dompet Dhuafa bantu tingkatkan kompetensi guru Seruyan

Penandatanganan MoU antara Sekolah Guru Indonesia dompet Dhuafa University dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah dalam pelaksanaan program pelatihan SGI Master Teacher. (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Lembaga filantropi Dompet Dhuafa membantu peningkatan kompetensi guru SD/MI di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, melalui program pelatihan Sekolah Guru Indonesia (SGI) Master Teacher.

"SGI Master Teacher adalah pelatihan dan pembinaan guru intensif dengan tujuan membentuk guru yang berjiwa pendidik, pengajar, dan pemimpin khusus untuk guru SD atau MI," kata Perwakilan Tim SGI Dompet Dhuafa Rahman di Kuala Pembuang, Jumat.

Ia mengatakan, untuk wilayah Kalteng, program pelatihan gratis SGI Master Teacher hanya dilaksanakan Seruyan, yakni di Kecamatan Hanau, Kecamatan Seruyan Raya dan Kecamatan Danau Seluluk.

"SGI Dompet Dhuafa menugaskan satu trainer berpengalaman untuk setiap kecamatan yang akan melakukan pelatihan selama sembilan bulan," katanya.

Ia menjelaskan, pelatihan intensif dilakukan sekali dalam seminggu sebanyak 10 pertemuan, dengan menggunakan pendekatan praktik 85 persen dan teori 15 persen yang meliputi kelas efektif, kelas kreatif dan refleksi kelas.

Kemudian, pelatihan fokus pada pembentukan karakter guru sebagai pendidik, membangun paradigma baru guru sebagai pemimpin, meningkatkan mutu pembelajaran di kelas melalui kelas model dan penelitian tindakan kelas, serta pelopor pembenahan budaya sekolah unggul dimulai dari pembiasaan pada lingkup diri sendiri dan kelas ajar.

"Pelatihan di mulai 4 Maret sampai 13 Mei 2018. Untuk peserta kita targetkan 100 guru SD/MI untuk setiap kecamatan, dan setiap angkatan maksimal 37 orang sehingga ada tiga angkatan dalam sembilan bulan," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Seruyan Masrohim menyambut positif program pelatihan yang dilaksanakan Dompet Dhuafa.

Diharapkan materi-materi yang diberikan selama pelatihan dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya sehingga dari materi yang ada dapat diterapkan atau diaplikasikan langsung di sekolah tempat guru mengajar.

"Dengan adanya pelatihan SGI Master Teacher diharapkan guru yang telah mengikuti pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dapat digunakan untuk meningkatkan profesionalisme guru itu sendiri," katanya.