Belanja Bareng Bahagiakan Puluhan Anak Yatim dan Dhuafa

id Belanja Bareng Yatim dan Dhuafa, BBYD, Palangka Raya Clean Action

Belanja Bareng Bahagiakan Puluhan Anak Yatim dan Dhuafa

Sedikitnya 40 anak yatim dan dhuafa diajak belanja bareng yang diselenggarakan oleh Palangka Raya Clean Action (PCA) di hypermart, Palangka Raya, Minggu (18/6). (Foto Antara Kalteng/Rani Tobing)

Palangka Raya (Antara Kalteng) -  Belanja Bareng Yatim dan Dhuafa (BBYD) yang diselenggarakan oleh Palangka Raya Clean Action (PCA) diikuti oleh 40 orang anak yatim berlangsung meriah di hypermart, Palangka Raya, Minggu (18/6).

"Kegiatan ini serentak dilaksanakan di 14 kota di Indonesia, dengan total peserta sebanyak 564 anak Yatim dan Dhuafa berusia antara 5 hingga 14 tahun, " kata Keyadhie Ketua Program Sosial Ramadhan Palangka Raya Clean Action. 

Dia juga menambahkan bahwa kegiatan kali ini merupakan salah satu program dari Sekolah Relawan,  dengan mengajak anak-anak yatim dan dhuafa berbelanja barang-barang yang mereka butuhkan dan inginkan di Pusat perbelanjaan sesuai dengan anggaran yang telah disediakan serta didampingi oleh para relawan. 

"Kalau diberi langsung bingkisan, hadiah atau uang mereka pasti bahagia, tetapi kita mengajak mereka berbelanja langsung maka suasananya akan sangat berbeda, " tambah keyadhie 

Keyadhie mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama kali di Palangka Raya dengan jumlah 45 anak-anak dan 40 relawan yang mengikuti kegiatan tersebut. 

"Kegiatan ini selain bertujuan  membahagiakan anak yatim dan dhuafa juga mengajarkan kemandirian dan cara pengelolaan uang sejak dini, karena setiap anak akan belajar membuat prioritas dari uang yang dimiliki,dan bertransaksi langsung saat melakukan pembayaran belanjaan di kasir. Relawan yang mendampingi sifatnya hanya mengarahkan saja" katanya. 

Untuk kegiatan kali ini Palangka Raya Clean Action (PCA) juga mengajak komunitas Pararel Borneo dan Dayak Smule Palangka Raya untuk bersinergi melaksanakan program tersebut. 

Keyadhie menambahkan,  pada awalnya hanya 15 anak yang akan mengikuti kegiatan ini karena dana yang ada terbatas. Tapi berkah Ramadhan akhirnya di Palangka Raya bisa diikuti oleh 45 anak dengan nilai Rp300 ribu setiap anak.

"Alhamdulillah kegiatan BBYD pertama di kota Palangka Raya ini berlangsung meriah.  Kami mengucapkan terima kasih kepada Sekolah Relawan dan beberapa Donatur yang berada di Palangka Raya, serta semua pihak yang mendukung terselenggaranya Program BBYD, " katanya