Kopdar bareng Gen-Z, Rudini-Paisal siap penuhi tantangan kawula muda

id Kopdar bareng Gen-Z, Rudini-Paisal siap penuhi tantangan kawula muda, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pilkada kotim, rudini, Rudini-Paisa

Kopdar bareng Gen-Z, Rudini-Paisal siap penuhi tantangan kawula muda

Paslon Rudini-Paisal gelar kopdar bareng Gen-Z di salah satu kafe di Sampit, Senin (7/10/2024). ANTARA/Devita Maulina.

Sampit (ANTARA) - Pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Muhammad Rudini Darwan Ali dan Paisal Damarsing menggelar kopi darat (kopdar) bersama generasi muda, khususnya generasi Z atau Gen-Z untuk menyerap aspirasi sebanyak-banyaknya dari kawula muda.

“Kami sudah merencanakan kopdar bersama Gen-Z ini dari jauh-jauh hari, tujuannya untuk mempererat silaturahim dan mencari tau apa saja yang menjadi aspirasi mereka,” kata Paisal di Sampit, Senin.

Kopdar digelar di salah satu kafe di Jalan HM Arsyad Sampit dan dihadiri oleh Calon Wakil Bupati dan Tim Pemenangan dari paslon dengan nomor urut tiga tersebut. Namun, Muhammad Rudini Darwan Ali berhalangan hadir karena ada acara keluarga.

Paisal menyampaikan, kegiatan diawali dengan edukasi politik secara singkat kepada Gen-Z yang rata-rata merupakan pemilih pemula, khususnya pengenalan terkait paslon Rudini-Paisal, serta mendorong generasi muda itu agar menyalurkan hak pilih atau tidak golput.

Kemudian, melalui sesi tanya jawab santai pihaknya berupaya menyerap aspirasi dari para Gen-Z apabila Rudini dan dirinya terpilih sebagai bupati dan wakil bupati Kotim. Hal ini sejalan dengan komitmen pihaknya yang siap menjawab berbagai tantangan dari generasi muda di Kotim.

“Ada beberapa aspirasi yang telah disampaikan mereka, dimana hal ini akan menjadi acuan kami untuk memfasilitasi atau memasukkan aspirasi tersebut dalam program-program unggulan kami kedepannya,” ujarnya.

Ia melanjutkan, sementara ini paslon Rudini-Paisal sudah memiliki 25 program unggulan yang siap dilaksanakan apabila mendapat kepercayaan dari masyarakat sebagai pemimpin Kotim, namun dengan banyaknya aspirasi yang disampaikan kaula muda ini kemungkinan ada program yang akan direvisi.

Salah satu aspirasi yang menarik bagi pihaknya adalah, keinginan dari Gen-Z untuk dilibatkan dalam pengambilan kebijakan daerah. Sebagai paslon termuda di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kotim kali ini, menurutnya aspirasi tersebut memang seharusnya dipenuhi.

Baca juga: Pelaku UMKM harap Rudini-Paisal bawa solusi masalah pemasaran

Gen-Z atau generasi muda memiliki peran besar dalam keberlangsungan daerah, maupun bangsa Indonesia. Sebab, mereka adalah penerus estafet kepemimpinan di masa depan.

“Selain itu, mereka juga ingin apabila kami terpilih kedepannya agar lebih memperhatikan Gen-Z dan itu sudah kami siapkan dengan program-program yang berpihak kepada Gen-Z,” demikian Paisal.

Salah seorang pemuda Kotim yang hadir dalam acara kopdar tersebut, Hariadi menyambut baik kegiatan yang digelar salah satu paslon ini, sehingga memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk mengenal para calon pemimpin Kotim di masa mendatang.

“Kegiatan seperti ini bagus, tapi kalau bisa kedepannya digelar lebih besar dan melibatkan banyak massa. Kalau bisa semua paslon hadir, saling menyampaikan visi-misi dan berdebat karena dari situ pula bisa menjadi acuan kami dalam menentukan pilihan,” ucapnya.

Sebagai seorang mahasiswa yang juga aktif di organisasi BEM, Hariadi mengaku selama ini cukup sulit menyampaikan aspirasi kepada pemerintah daerah, lantaran terhalang regulasi dan semacamnya. 

Oleh karena itu, ia sangat mengapresiasi adanya kegiatan kopdar sehingga memberikan kesempatan bagi para generasi muda menyampaikan aspirasi dan bisa didengar. Ia berharap kegiatan seperti ini tidak hanya digelar menjelang Pilkada tapi secara berkelanjutan.

Sebagai kaum muda Kotim, visi-misi yang disampaikan oleh Paslon Rudini-Paisal sudah sesuai dengan yang diharapkan mereka. Ia berharap visi-misi tersebut bisa diwujudkan ketika Rudini-Paisal terpilih memimpin Kotim kedepannya.

“Harapan kami apa yang disampaikan dan dijanjikan dalam visi-misi tersebut bisa terlaksana dan sukses, tidak seperti janji-janji kosong dari calon-calon maupun pemimpin yang dulu,” demikian Hariadi.

Baca juga: Rudini-Paisal diharapkan bisa atasi kendala permodalan pengusaha muda

Baca juga: Rudini-Paisal komitmen majukan sektor pariwisata Kotim

Baca juga: Rudini-Paisal siap gandeng konten kreator dan 'influencer' pacu pertumbuhan ekonomi