Meriahkan HPN, Ribuan peserta ikuti sepeda Fun XC Barsel

id Barsel,hari HPN Barsel,Sepeda Fun XC,Taman Iring Witu Buntok

Meriahkan HPN, Ribuan peserta ikuti sepeda Fun XC Barsel

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri saat melepas peserta Sepeda Fun XC di Taman Iring Witu Buntok, Minggu (11/3/18). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Sebanyak 1.200 peserta mengikuti kegiatan Sepeda Fun XC yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bersama dengan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

Pantauan Antara, di Buntok, Minggu, ribuan peserta yang mengikuti kegiatan Sepeda Fun XC tersebut dilepas oleh Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri di Taman Iring Witu Buntok.

Ribuan peserta itu berasal dari klub-klub sepeda dari sejumlah Kabupaten/Kota di wilayah provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), dan Kalimantan Tengah (Kalteng).

Pada kesempatan itu Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas diselenggarakannya kegiatan ini.

"Karena acara ini merupakan salah satu sarana untuk mendukung pembinaan olahraga di kabupaten ini," katanya.

Menurut dia, acara ini merupakan wujud nyata partisipasi insan pers bersama Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Barito Selatan dengan melaksanakan kegiatan positif bagi masyarakat.

"Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat Barito Selatan dapat menyalurkan energi positifnya kearah yang baik, dan bermanfaat salah satunya melalui olahraga bersama ini," ucap Eddy Raya Samsuri.

Melalui kegiatan seperti ini juga lanjut dia, bisa dijadikan sebagai ajang rekreasi bagi para peserta untuk menikmati suasana alam di wilayah kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

Sementara ketua PWI Barito Selatan, Muhammad Hamdan menyampaikan, kegiatan yang bekerjasama dengan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Barito Selatan tersebut mengambil tema Bebes Badera Basapeda si Buntok Kota Batuah 2018.

"kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat provinsi Kalimantan Tengah," tambah dia.

Ia berharap, kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di wilayah Barito Selatan ini berjalan dengan tertib, lancar, dan sukses sesuai harapan bersama.

Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia Barito Selatan, Muhammad Irfan mengatakan untuk jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 1.200 orang yang berasal dari Barito Selatan, dan sejumlah kabupaten di wilayah provinsi Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Ia menyampaikan, kegiatan sepeda Fun XC ini dilaksanakan dua kelas yakni kelas sepeda santai (Fun Bike), serta kelas XC (Ekstrim), dan untuk start, dan finishnya dari Taman Iring Witu Buntok.

"Untuk jarak tempuh kelas fun sepanjang 10 kilometer dengan rute startnya di Taman Iring Witu Buntok, Jalan Merdeka Raya, Jalan Pahlawan, Jalan Gani Gandrung, Jalan Asam, Menyeberang Jalan Pamait, Jalan Pahlawan, Jalan Pelita Raya, dan finishnya di Taman Iring Witu Buntok," jelasnya.

Sedangkan rute kelas XC (Ekstrim), start dari taman Iring Witu, Jalan Padat Karya menuju Desa Lembeng, dan keluar jalan Buntok Palangka Raya, kemudian ke sawahan rubang, dilanjutkan ke jembatan simpang di Desa Pamait, Jalan Abeh Raya, menuju Jalan Sudirman, Jalan Pahlawan, Jalan Pelita Raya, Jalan Kaladan, Jalan H. Indar, Jalan Patianom dan finis di Taman Iring Witu Buntok.

"Untuk jarak tempuh kelas XC (Ekstrim) ini sepanjang kurang lebih 30 kilometer," demikian kata Muhammad Irfan.