10 anggota DPRD Barut cuti kampanye Pilkada 2018

id DPRD Barito Utara,cuti kampanye,pilkaada,anggota DPRD

10 anggota DPRD Barut cuti kampanye Pilkada 2018

Logo DPRD (Istimewa)

Muara Teweh (Antaranewa) - Sebanyak sepuluh dari 25 anggota DPRD Barito Utara, Kalimantan Tengah mengambil cuti karena mengikuti kegiatan kampanye pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati setempat tahun 2018.

"Ada sepuluh orang anggota DPRD Barito Utara yang telah mengambil cuti di luar tanggungan negara, yaitu Ketua DPRD Barito Utara, Wakil Ketua I DPRD dan delapan orang anggota dewan lainnya," kata Kasubbag Fasilitasi Penganggaran Sekretariat DPRD Barito Utara, Wepi Padria Iroma di Muara Teweh, Rabu.

Menurut dia, pengajuan cuti mengikuti kegiatan kampanye ini melalui surat tertulis. Kemudian akan ditindaklanjuti dengan mengeluarkan surat untuk ditandatangani oleh ketua atau pimpinan DPRD yang ditembuskan ke KPU dan Panwaslu.

Untuk tanggal permohonan cuti dan penerbitan cuti, serta waktu cuti dan tempat dari masing-masing para anggota DPRD Barito Utara ini tidak sama (tergantung isi surat usulan yang disampaikan.

"Saat ini juga ada satu orang anggota dewan yang surat cutinya masih dalam proses, dan anggota dewan ini juga termasuk dari beberapa orang anggota dewan yang telah mengambil cuti diluar tanggungan negara," kata dia.

Wepi mengatakan cuti diluar tanggungan negara bagi para anggota DPRD Barito Utara termasuk juga unsur pimpinan dewan yang ingin mengikuti kegiatan kampanye pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, yang diusung oleh partai politik yang maju di Pilkada 2018 ini, maka sesuai Peraturan KPU harus mengajukan cuti diluar tanggungan negara.

Pengusulan cuti anggota dewan yang ingin menghadiri atau mengikuti kegiatan kampanye, pasangan calon bupati dan wakil bupati harus disampaikan tiga hari sebelum dilaksanakannya kegiatan kampanye tersebut.

"Kini dari 25 jumlah total anggota dewan, ada beberapa orang anggota dewan yang telah mengambil cuti diluar tanggungan negara, untuk mengikuti kegiatan kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati," ujarnya.