Ini target himpun zakat 2018 di Palangka Raya

id zakat,baz palangka raya,supriyanto

Ini target himpun zakat 2018 di Palangka Raya

Ilustrasi. (Istimewa)

Palangka Raya, (Antaranews Kalteng) - Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah menargetkan dapat menghimpun zakat hingga Rp1 miliar selama periode 2018.

"Tahun ini kami menargetkan penerimaan zakat antara Rp800 juta sampai Rp1 miliar. Berdasarkan pengalaman sebelumnya target tersebut `insya Allah` tercapai," kata Kepala BAZ Kota Palangka Raya, Supriyanto, Minggu.

Dia menerangkan, penghimpunan dana tersebut dilakukan melalui penerimaan zakat baik dari masyarakat perorangan, kelompok, swasta maupun pegawai pemerintahan.

Menurut Supriyanto, dana yang terhimpun didominasi zakat profesi dari para guru di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama Kota Palangka Raya.

"Sementara himpunan dana dari ASN di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya perkembangannya lambat," kata Supri.

Keadaan ini, karena sebagian pegawai mengaku telah menyalurkan zakat dan infaknya secara langsung dan sebagian lainnya menyalurkan melalui badan amil zakat di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Pihaknya pun akan terus berupaya mengoptimalkan pendapatan zakat di wilayah itu terutama yang dihimpun dari ASN di lingkungan pemerintah kota.

Selanjutnya, pria yang juga sebagai Plt Kepala BPBD "Kota Cantik" Palangka Raya ini mengungkapkan, sejumlah dana yang berhasil di himpun pada 2017 juga telah disalurkan kepada masyarakat yang berhak.

"Sebagian dana telah kita salurkan kepada delapan asnat atau golongan yang berhak menerima zakat," katanya.