Kadin perluas kerja sama dorong bangkitnya dunia usaha di Kotim

id Kadin Kotim, Susilo,dunia usaha di Kotim

Kadin perluas kerja sama dorong bangkitnya dunia usaha di Kotim

Sejumlah pimpinan instansi dan pengusaha di Kotim menghadiri Sampit Business Forum 2018, Rabu (21/3/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, terus memperluas kerja sama dengan sejumlah pihak untuk membantu menggerakan perekonomian daerah di semua sektor.

"Potensi perekonomian Kotawaringin Timur ini sangat besar. Kita semua harus ambil bagian membantu mendorong semua potensi agar membawa dampak besar terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," kata Ketua Kadin Kotawaringin Timur, Susilo saat menghadiri "Sampit Business Forum 2018" di Sampit, Rabu.

Susilo memahami keterbatasan yang dimiliki pemerintah daerah dan pelaku usaha di daerah. Untuk itulah dia mengajak semua pihak bersatu agar ditemukan solusi untuk mengembangkan dan meningkatkan perekonomian daerah.

Sesuai tujuan awal pembentukannya, Kadin merupakan wadah berhimpun seluruh pelaku usaha. Pengusaha semua sektor berhak dan diajak aktif di Kadin karena organisasi itu milik semua pelaku usaha, bukan hanya pengusaha konstruksi atau jenis usaha tertentu.

Berbagai terobosan dijalankan Kadin Kotawaringin Timur untuk terus mendorong bangkitnya dunia usaha, termasuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah.

Pemerintah daerah sudah memposisikan dan memberi kepercayaan besar kepada Kadin untuk berkontribusi, khususnya dalam hal ekonomi.

Pada 28 dan 29 Maret, Kotawaringin Timur akan kedatangan sekitar 29 pengusaha yang tergabung dalam Kadin Kediri. Selain bersilaturahim, mereka juga akan melakukan survei destinasi wisata dan potensi ekonomi di Kotawaringin Timur.

Kegiatan ini harus dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk peningkatan perekonomian daerah. Apalagi para pengusaha asal Kediri tersebut nantinya siap melakukan kerja sama bisnis langsung dengan pelaku usaha di Kotawaringin Timur jika memang ada potensi yang bisa dikerjasamakan.

"Kadin Kediri merupakan yang terbaik dalam pembinaan UMKM. Banyak hal positif yang nanti bisa digali dan dikerjasamakan. Kami mengajak semua pelaku usaha bergabung dengan kami di Kadin dan memanfaatkan peluang-peluang ini," kata Susilo.

Susilo optimistis dunia usaha di Kotawaringin Timur akan terus berkembang. Kadin terus melakukan terobosan untuk membuka peluang kerjasama, bahkan hingga di tingkat internasional agar Kotawaringin Timur dan produk-produk unggulannya makin dikenal dan diminati.

Semangat serupa diungkapkan Ketua Aliansi Penggerak Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (API UMKM) Kotawaringin Timur, Sofyan. Menurutnya, perlu terobosan-terobosan yang kontinu untuk mendorong perkembangan dunia usaha di Kotawaringin Timur.

Potensi di daerah ini sangat besar, namun masih ada kendala-kendala yang perlu dicarikan solusi. Khususnya terkait pengembangan produk, pemasaran dan lainnya.

"Namun kalau semua berjalan bersama, saya yakin ini bisa dicarikan jalan keluarnya," kata Sofyan.

Sofyan mengatakan, Kadin dan API UMKM membuka diri untuk membantu pelaku usaha yang membutuhkan bantuan dalam hal pengembangan usaha.

Dia yakin sektor usaha di Kotawaringin Timur akan maju dan mandiri dengan perhatian serius dan dukungan semua pihak.