DPRD siap dilibatkan berantas narkoba di Kalteng

id DPRD Kalteng,Heriansyah Wakil Ketua DPRD Kalteng,Heriansyah,Fraksi Gerindra di DPRD Kalteng,Narkoba

DPRD siap dilibatkan berantas narkoba di Kalteng

Wakil Ketua DPRD Kalteng, Heriansyah (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

Kalau diperlukan, kami siap berpartisipasi dan dilibatkan untuk melaksanakan sosialisasi tentang bahaya narkoba. Jangan hanya elemen lain, kami juga mau membantu, bentuknya bagaimana bisa disepakati
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Heriansyah mengaku sekarang ini bahwa pihaknya sangat prihatin dan siap dilibatkan memberantas penggunaan narkoba karena peredaran dan penggunaannya semakin mengkhawatirkan.

Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalteng dan Aparat kepolisian hampir setiap hari ada menangkap pengguna dan pengedar ataupun bandar narkoba, kata Heriansyah di Palangka Raya, Sabtu.

"Kalau diperlukan, kami siap berpartisipasi dan dilibatkan untuk melaksanakan sosialisasi tentang bahaya narkoba. Jangan hanya elemen lain, kami juga mau membantu, bentuknya bagaimana bisa disepakati," ucapnya.

Selain siap terlibat memberantas narkoba, wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan II meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan ini menyarankan agar BNN bersama aparat kepolisian membuat desain besar pemberantasan narkoba di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai ini.

Dia mengatakan dalam mendesain pemberantasan narkoba tersebut perlu melibatkan berbagai pihak. Hal itu diperlukan agar semua pihak tersebut ikut bertanggungjawab dan melaksanakan desain yang telah dibuat.

"Gubernur Kalteng Sugianto Sabran pun sudah sangat jelas, narkoba harus benar-benar diberantas. Kami dari DPRD Kalteng pun siap untuk terlibat memberantasnya. Kami tentu akan bergerak sesuai tugas dan pokok kami sebagai wakil rakyat," kata Heriansyah.

Menurut politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini, kabupaten Kotawaringin Timur, salah satu daerah rawan narkoba di Kalteng. Sebab, di Kabupaten ini ada pelabuhan yang aktivitasnya relatif tinggi.

Dia pun meminta BNN Kalteng bersama aparat kepolisian memperketat pengawasan peredaran dan penggunaann narkoba di Kabupaten Kotim.

"Sudah berpuluh-puluh orang ditangkap petugas, namun peredarannya tetap tinggi. Jadi kita sarankan jangan hanya fokus menangkap pelaku, tapi juga meningkatkan sosialisasi bahaya narkoba kepada masyarakat," demikian Heriansyah.