Jumlah ASN perempuan dan laki-laki di Pemkab Barsel seimbang

id ASN perempuan, bupati barsel

Jumlah ASN perempuan dan laki-laki di Pemkab Barsel seimbang

Ketua TP PKK Barsel, Permana Sari (Mengenakan jilbab)memotong nasi tumpeng, dan menyerahkan kepada Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK, dan Hari Kartini, di Buntok, Kamis (18/4). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri mengatakan jumlah Aparatur Sipil Negara perempuan di kabupaten setempat berimbang dengan jumlah ASN laki-laki.

"Dari 3.902 orang ASN se-Barsel, terdapat 1.949 orang kaum perempuan," katanya saat peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK, dan Hari Kartini yang berlangsung di Gedung Pertemuan Umum Jaro Pirarahan Buntok, Kamis.

Menurut dia, angka terbesar dari pemberdayaan perempuan ada dalam bidang pendidikan, dan kesehatan.

"Dalam bidang pendidikan tercatat dari 1.700 orang guru, dan dari jumlah tersebut, sebanyak 1.062 orang adalah kaum perempuan, sedangkan dalam bidang kesehatan dari 619 tenaga kesehatan, 431 diantaranya kaum perempuan," tambah dia.

Ia mengatakan, hal ini sangat membanggakan, karena ternyata di Barito Selatan ini telah lahir Kartini-Kartini muda sebagai penerus bangsa yang mampu bersaing dengan kaum pria.

Ia juga menyampaikan, dari data yang ada, bahwa jumlah siswa jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga 2018 ini tercatat sebanyak 24.253 siswa, dan 11.563 adalah pelajar putri.

"Ini merupakan bahwa partisipasi kaum wanita dalam bidang pendidikan telah menunjukan angka yang cukup menggembirakan, karena diatas 30 persen," kata Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri.

Hal tersebut lanjut dia, sesuai dengan harapan Ibu RA Kartini dalam bukunya Habis Gelap Terbitlah Terang yang ingin mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menyederajatkan pendidikan kaum perempuan dengan kaum laki-laki.

"Lebih jauh lagi, keanggotaan DPRD Barito Selatan, dari sebanyak 25 orang, delapan diantaranya kaum perempuan, bahkan Wakil Bupati pun dari kaum perempuan," jelas Eddy Raya Samsuri.

Kesemuanya ini lanjut dia, membuktikan kepada kita semua bahwa Barito Selatan merupakan kabupaten yang terbuka, dan sangat menghargai kaum perempuan dalam berpartisipasi dibidang pelaksanaan pemerintahan, dan pembangunan.

Oleh karena itu melalui hari kesatuan gerak PKK ke 46, mari kita lakukan akselerasi program PKK untuk mewujudkan visi, misi gerakan PKK, serta meningkatkan kualitas perberdayaan perempuan dengan semangat Kartini.

Acara peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 46, dan Hari Kartini ke 139 tingkat kabupaten Barito Selatan tersebut dihadiri Tim Penggerak PKK dienam kecamatan di wilayah setempat.

Pada kesempatan itu Bupati juga menyerahkan hadiah bagi pemenang Jambore Tim Penggerak PKK tingkat kabupaten setempat.