Ujian nasional SMP dan MTs di Sukamara diikuti 967 peserta

id UN_SMP sukamara,sekda sukamara,sutrisno

Ujian nasional SMP dan MTs di Sukamara diikuti 967 peserta

Sekda Sukamara H Sutrisno saat memantau UNBK di SMPN-3 Sukamara. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antaranews Kalteng) - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP) tingkat SMP dan MTs di Kabupaten Sukamara diikuti sebanyak 967 peserta.

"Dari data yang ada jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK dan UNKP terdiri dari 13 SMP dan 5 MTS. Untuk SMP jumlah peserta terdiri 782 peserta dan MTs sebanyak 185 peserta sehingga total keseluruhan sebanyak 967 peserta,"  kata Sekda Sukamara Sutrisno usai memantau UNBK dan UNKP di Sukamara, Senin (23/4/2018). 

Menurutnya, persiapan untuk pelaksanaan ujian dengan sistem UNBK ini telah disiapkan jauh-jauh hari sehingga apabila terjadi kendala pada hari pelaksanaan akan diatasi agar kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar, dan sekolahpun sudah melaksanakan tryout  sehingga bagi sekolah yang melaksanakan UNBK tidak banyak kendala.

Dari pemantauan, ada kendala pelaksanaan ujian nasional di SMPN Sukamara namun, sudah dapat diatasi, sehingga diharapkan selanjutnya  tidak ada kendala yang berarti karena pelaksanaan UNBK.

Dikatakannya, pelaksanaan UNBK tingkat SMP dan MTS di Kabupaten Sukamara baru tahun ini dilaksanakan dan hanya 4 sekokah yang melaksanakan UNBK. 

Ke depan pelaksanaan ini akan ditingkatkan, baik dari sarana seperti ketersediaan perangkat komputer, ketersediaan listrik dan mesin genset sebagai antisifasi, server yang disediakan bisa lebih banyak dan apa yang menjadi kendala saat ini bisa dijadikan pengalaman untuk pelaksanaan-pelaksanaan di tahun berikutnya.

"Untuk tingkat SMP dan MTs pelaksanaan UNBK baru pertama kali dilaksanakan, dan saat ini bari 4 sekolah yang melaksanakan UNBK ini meliputi SMPN-1 Sukamara, SMPN-3 Sukamara, MTsN-1 Sukamara dan SMPN-1 Balai Riam. Mudah-mudahan pelaksanaannya berjalan lancar," ucap Sutrisno.