Maksimalkan sektor pariwisata Seruyan untuk PAD

id dprd seruyan, wisata seruyan

Objek wisata Pantai Sungai Bakau di Desa Sungai Bakau, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan, dipadati pengunjung dari berbagai daerah pada hari libur Lebaran. (Foto Antara Kalteng/Fahrian Adriannoor)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Kalangan anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, meminta pemerintah setempat memaksimalkan potensi sektor pariwisata sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah kabupaten tersebut.

"Target pendapat asli daerah (PAD) Seruyan setiap tahun meningkat. Untuk itu diharapkan sektor pariwisata bisa berkontribusi terhadap pemenuhan target PAD," kata anggota DPRD Seruyan, Masfuatun di Kuala Pembuang, Sabtu.

Politisi PPP ini mengatakan, babupaten berjuluk 'Bumi Gawi Hatantiring' memiliki potensi pariwisata yang cukup menjanjikan. Mulai dari wisata alam, sejarah hingga budaya.

Bahkan beberapa objek wisata di antaranya sudah dikenal dan sering dikunjungi oleh masyarakat luas, seperti objek wisata Pantai Sungai Bakau di Desa Sungai Bakau Kecamatan Seruyan Hilir Timur.

"Apabila potensi wisata itu dimaksimalkan dan dikelola dengan baik maka dapat menjadi sumber penyumbang PAD yang berkelanjutan bagi Seruyan," katanya.

Sementara, Anggota DPRD Seruyan Muhammad Aswin menilai, potensi wisata di Seruyan belum tergarap secara maksimal. Hal itu disebabkan karena pengembangan sektor pariwisata masih mengadalkan APBD yang sangat terbatas.

"Mengembangkan sektor pariwisata tidak cukup hanya mengandalkan anggaran dari pemerintah saja, apalagi kita tahu anggaran itu sangat terbatas," katanya.

Menurutnya, untuk mengatasi terbatasnya anggaran, maka Pemkab Seruyan dapat menggandeng investor atau pihak ketiga dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Kemudian, salah satu cara yang dapat dilakukan Pemkab untuk menarik para investor agar mau berinvestasi di sektor pariwisata adalah dengan membuat perencanaan yang matang hingga prospek tentang arah pengembangan berbagai potensi unggulan yang ada di Seruyan.

"Seruyan punya banyak potensi, jadi pemerintah harus punya potensi wisata yang benar-benar unggul yang dapat ditawarkan jika dibandingkan dengan daerah lain sehingga Seruyan punya nilai jual di mata investor," katanya.

Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar