Seruyan-Kotim matangkan rencana pengembangan wisata pesisir

id seruyan kotim,matangkan wisata pesisir,wisata pesisir,seruyan,Kadisporaparbud Seruyan Tunjarsyah

Seruyan-Kotim matangkan rencana pengembangan wisata pesisir

Gubernur H Sugianto berdiskusi dengan Bupati Kotim H Supian Hadi dan Bupati Seruyan H Sudarsono terkait pengembangan pariwisata. (Protokol Pemkab Kotim)

Sesuai instruksi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Seruyan dan Kotim diminta bekerjasama untuk mengembangkan wilayah pesisir sebagai objek wisata unggulan di Kalteng
Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan dan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur di Provinsi Kalimantan Tengah terus berupaya mematangkan rencana kerja sama pengembangan objek wisata di kawasan pesisir dua kabupaten tersebut.

"Kita dengan Pemkab Kotim masih terus berkoordinasi untuk mematangkan rencana pengembangan objek wisata di kawasan pesisir," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Seruyan, Tunjarsyah di Kuala Pembuang, Kamis.

Ia mengatakan, sebelumnya Pemkab Seruyan dan Pemkab Kotim telah melakukan pertemuan di Kota Palangka Raya untuk membahas rencana kerjasama pengembangan sektor pariwisata kedua kabupaten.

Beberapa pembicaraan awal yang telah dilakukan di antaranya tentang kajian pengembangan, tata letak hingga masalah ganti rugi lahan apabila lokasi pengembangan berstatus lahan milik masyarakat.

"Pembicaraan rencana kerjasama ini masih belum selesai, dan rencana kita akan kembali melakukan pertemuan untuk pematangan setelah Idul Fitri nanti," katanya.

Ia menambahkan, meski secara teknis rencana pengembangan objek wisata pesisir belum selesai. Namun kedua kabupaten telah sepakat untuk melakukan pengembangan sektor pariwisata sesuai dengan instruksi dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

"Seruyan dan Kotim tetap sepakat untuk melaksanakan wacana dari Gubernur Kalteng menegeni kerjasama pengembangan objek wisata terpadu antara dua kabupaten ini," katanya.

Sesuai instruksi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Seruyan dan Kotim diminta bekerjasama untuk mengembangkan wilayah pesisir sebagai objek wisata unggulan di Kalteng.

Pemprov Kalteng juga siap mengucurkan anggaran Rp50 miliar hingga Rp100 miliar untuk membantu kerjasama kedua kabupaten dalam mengembangkan pariwisata kawasan pesisir dengan catatan perencanaan benar-benar dimatangkan.

Menurut Sugianto, pesisir pantai Kotim-Seruyan dengan kondisi alam yang masih alami sangat potensial untuk dikembangkan sebagai kawasan objek wisata unggulan di Kalteng.

Pengembangan sektor pariwisata dapat dilakukan kedua kabupaten secara bersama-sama di kawasan pesisir mulai dari Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit, Kotim hingga Kuala Pembuang, Seruyan sepanjang kurang lebih 80 kilometer.

Perencanaan pembangunan sendiri dapat dimulai dari pembuatan master plan untuk penataan kawasan pembangunan fasilitas pariwisata hingga kawasan investasi pariwisata seperti perhotelan atau restoran.

Gubernur berharap, kerjasama sektor pariwisata kedua kabupaten dapat berjalan dengan baik dan benar-benar terealisasi sehingga membawa dampak positif bagi kemajuan pariwisata Kalteng, khusus perekonomian masyarakat masyarakat pesisir Seruyan dan Kotim.