Tim Edy-Tati klaim unggul di Pilkada Pupis

id pilkada pulpis, edy-taty

Tim Edy-Tati klaim unggul di Pilkada Pupis

Calon Bupati H Edy Pratowo dan Calon Wakil Bupati Pudjirustaty Narang (Edy-Taty) nomor urut 2 saat kampanye Pilkada Pulpis beberapa waktu lalu. (Foto Antara Kalteng/Adi Waskito)

Pulang Pisau (Antaranews Kalteng) - Pasangan calon H Edy Pratowo - Pudjirustaty Narang (Edy-Taty) nomor urut 2 mengklaim unggul dari Paslon H Idham – Ahmad Jayadikarta (Idham-Jaya) nomor urut 1, menurut perhitungan cepat yang dilakukan timnya.

Dari perhitungan cepat yang dilakukan Tim Edy-Taty yang diperoleh dari data para saksi yang ada di masiang-masing 325 TPS yang tersebar di 8 kecamatan, Edy Taty memperoleh 57,41 persen suara dan Idham Jaya memperoleh 43,59 persen suara dari sah yang masuk hingga pukul 16.00 WIB.

Perhitungan cepat yang dilakukan Tim Idham-Jaya juga menunjukkan pasangan nomor urut 2 unggul dengan rincian surat suara terpakai 63.026, Idham-Jaya memperoleh 29.719 atau 47 persen dan Edy-Taty memperoleh 33.039 atau 52 persen.

Ketua Perhitungan Cepat Tim Edy Taty, Hermawan Mihing mengungkapkan bahwa hasil perhitungan cepat ini adalah referensi dari paslon nomor urut 2 untuk mengawal perolehan suara hingga hasil akhir dari pleno perhitungan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Ini hanya referensi dan kita meminta seluruh tim dan saksi mengamankan perolehan suara di masing-masing TPS," terang Hermawan, Rabu (27/6/2018).

Dengan hasil ini, kata Hermawan, tidak membuat para pendukung jumawa atau euforia yang berlebihan tetapi bersyukur bahwa masyarakat masih memberikan kepercayaan Edy-Taty untuk memimpin kembali Kabupaten Pulang Pisau untuk melanjutkan pembangunan pada Periode 2018-2023.

Dari hasil perhitungan cepat itu, Edy-Taty kalah di tiga kecamatan yang menjadi kantong suara pasangan Idham-Jaya yakni Kahayan Kuala, Jabiren Raya dan Sebangau Kuala. Pasangan Edy-Taty mampu mempertahankan suara di 5 kecamatan yakni Kahayan Hilir, Pandih Batu, Maliku, Kahayan Tengah dan Banama Tingang.

H Edy Pratowo selaku calon Bupati petahana, memberikan suara di dalam bilik di TPS 03 Jalan Darung Bawan Km.13, sedangkan  H Idham Amur memberikan suara di TPS 11 Jalan Tingang Menteng.